PENGARUH MINAT BELAJAR DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei Pada Siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Kota Tasikmalaya)

HIDAYAT, ELSA AGUSTINA (2018) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei Pada Siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER REVISI.pdf

Download (64kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (146kB)
[img] Text
ABSTRAK terpakai.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB I sampai akhir FIKSASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB)

Abstract

ABSTRAK Elsa Agustina Hidayat, (142165028). “Pengaruh Minat Belajar Dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Di MAN Kota Tasikmalaya Tahun ajaran 2018/2019”. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dibawah bimbingan H. Yoni Hermawan, M.pd. dan Rendra Gumilar, M.Pd. Masalah pokok dalam penelitian mengenai prestasi belajar yang sebagian masih rendah atau belum mencapai KKM. Tentunya hal tersebut memiliki banyak faktor yang mempengaruhi baik faktor eksternal maupun faktor internal diantaranya minat belajar dan kompetensi pedagogik guru . Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh minat belajar dan kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di MAN Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan teknik pengolahan data melalui observasi, wawancara, penyebaran angket, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI MAN Kota Tasikmalaya sebanyak 548 orang dari 16 kelas dan sampel penelitian yang digunakan adalah 231 orang. Berdasarkan hasil uji t pada α=0,05 untuk variabel minat belajar diperoleh t hitung = 2,573 dan t tabel = 1,65 yang membuktikan bahwa t hitung ≥ t tabel artinya Ho ditolak dan Hα diterima. Untuk variabel kompetensi pedagogik guru, diperoleh t hitung = 3,781 dan t tabel = 1,65 yang membuktikan bahwa t hitung ≥ t tabel artinya Ho ditolak dan Hα diterima. Sedangkan berdasarkan hasil uji F diperoleh nilai F hitung = 6,102 dan F tabel = 3,03. Hal ini menunjukan bahwa F hitung ≥ F tabel artinya Ho ditolak dan Hα diterima. Dapat diketahui bahwa persentase pengaruh antara minat belajar dan kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 37,2%. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat faktor lain yang dapat mempengaruhi minat belajar dan pedagogik guru disekolah yaitu sebesar 62,8 %.. Kata Kunci : Minat Belajar, Kompetensi Pedagogik Guru, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Mar 2022 03:37
Last Modified: 14 Mar 2022 03:37
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5105

Actions (login required)

View Item View Item