HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PESERTA BPJS DALAM PELAYANAN FASILITAS PERTAMA DI PUSKESMAS CIPEDES KOTA TASIKMALAYA

Tawakal, Muhammad Iqbal (2019) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PESERTA BPJS DALAM PELAYANAN FASILITAS PERTAMA DI PUSKESMAS CIPEDES KOTA TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 Cover.pdf

Download (50kB)
[img] Text
3 Halaman Pengesahan.pdf

Download (187kB)
[img] Text
4 Halman Persembahan.pdf

Download (5kB)
[img] Text
5 Riwayat HIdup.pdf

Download (209kB)
[img] Text
6 Kata Pengantar.pdf

Download (293kB)
[img] Text
7 Abstrak.pdf

Download (296kB)
[img] Text
8 Daftar Isi.pdf

Download (331kB)
[img] Text
9 Daftar Gambar Dafatar Lampiran.pdf

Download (287kB)
[img] Text
10 BAB I.pdf

Download (313kB)
[img] Text
11 BAB II.pdf

Download (357kB)
[img] Text
12 BAB III.pdf

Download (528kB)
[img] Text
14 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text
15 BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] Text
16 Daftar Pustaka.pdf

Download (189kB)

Abstract

HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PESERTA BPJS DALAM PELAYANAN FASILITAS PERTAMA DI PUSKESMAS CIPEDES KOTA TASIKMALAYA Muhammad Iqbal Tawakal 1) Anto Purwanto dan Iseu Siti Aisyah 2) Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan 1) Dosen di Fakultas Kesehatan 2) Universitas Siliwangi ABSTRAK Puskesmas merupakan fasilitas kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Dalam memberikan pelayanan kesehatan tentunya petugas puskesmas harus memperhatikan kualitas pelayanan sehingga penerima pelayanan dari petugas puskesmas merasa puas terhadap pelayan yang diberikan oleh petugas puskesmas. Puskesmas Cipedes merupakan salah satu puskesmas yang berada di Kota Tasikmaya yang mempunyai angka kunjungan cukup tinggi. Angka kunjungan pada tahun 2018 sebanyak 23.010 orang. Berdasarkan survei kepada pasien sebanyak 20 orang, didapatkan hasil bahwa merasakan kualitas pelayanan kurang baik, lebih dari setengah responden merasa tidak puas dengan pelayanan yang diterima. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan peserta BPJS dalam pelayanan Fasilitas Pertama di Puskesmas Cipedes Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Tehnik sampling menggunakan accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahwa daya tanggap, jaminan, kehandalan, bukti langsung dan perhatian pelayanan berhubungan dengan kepuasan peserta BPJS dalam pelayanan Fasilitas Pertama di Puskesmas Cipedes dengan p value 0,000 – 0,012 dengan nilai OR 4,266 – 18,818. Diharapakan Puskesmas Cipedes dapat meningkatkan lagi kualitas pelayanan sehingga dapat memberikan kepuasan pelayanan khususnya terhadap peserta BPJS. Untuk penelitian selanjutnya dapat menambahkan variabel kualitas produk, harga, situasi dan personal serta dicari faktor determinannya dari varabel-variabel yang mempengaruhi kepuasan pasien dalam pelayanan Fasilitas Pertama di Puskesmas. Kata Kunci : Kualitas pelayanan, Kepuasan Kepustakaan : 2005 - 2017

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Mar 2022 02:16
Last Modified: 14 Mar 2022 02:16
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5068

Actions (login required)

View Item View Item