UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR CHEST PASS DAN BOUNCE PASS PERMAINAN BOLA BASKET DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas VII B Semester Genap SMP Negeri 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

FADILLAH, ANANDA RIZKY (2020) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR CHEST PASS DAN BOUNCE PASS PERMAINAN BOLA BASKET DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas VII B Semester Genap SMP Negeri 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (152kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (210kB)
[img] Text
3. DEWAN PENGUJI.pdf

Download (210kB)
[img] Text
5. PERNYATAAN.pdf

Download (210kB)
[img] Text
6. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (284kB)
[img] Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (212kB)
[img] Text
8. ABSTRACT.pdf

Download (211kB)
[img] Text
9. KATA PENGANTAR.pdf

Download (210kB)
[img] Text
10. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (290kB)
[img] Text
11. DAFTAR ISI.pdf

Download (213kB)
[img] Text
12. DAFTAR TABEL.pdf

Download (212kB)
[img] Text
13 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (210kB)
[img] Text
14. BAB 1.pdf

Download (375kB)
[img] Text
15. BAB 2.pdf

Download (548kB)
[img] Text
16. BAB 3 DAN BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] Text
17. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)

Abstract

ABSTRAK ANANDA RIZKY FADILLAH (2020), Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Chest Pass Dan Bounce Pass Permainan Bola Basket Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, pada siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Jurusan Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian tindakan kelas atau PTK, yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Objek dari penelitian dalah siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Kota Tasikmakmalaya sebanyak 32 siswa dalam satu kelas dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 15 orang dan siswa perempuan 17 orang. Persentase keberhasilan kriteria KKM saat pra siklus masih sangat rendah dengan persentase rata-rata sebesar 20% atau sekitar 7 orang saja untuk ranah psikomotor bounce pass sedangkan untuk chest pass hanya 5 orang saja yang telah memenuhi ketuntasan, setelah diterapkannya model kooperatif tipe jigsaw pada siklus 1 terjadi peningkatan sebesar 37,50% untuk aspek psikomor chest pass dan 34,37% untuk bounce pass sementara aspek kognitif pada siklus 1 sebesar 25% saja yang mencapai KKM. Dan pada siklus 2 terjadi peningkatan yang signifikan persentase ketuntasan siswa pada aspek psikomotor chest pass yaitu 81,25% dan bounce pass sebesar 78,12% sedangkan untuk aspek kognitif persentasenya adalah 87,5%. Itu artinya peningkatan terjadi pada siklus 2 dengan persentase mencapai ketuntasan diatas 75% dari keseluruhan. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar chest pass dan bounce pass siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Kota Tasikmalaya. Kata Kunci : hasil belajar, chest pass, bounce pass, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 10 Mar 2022 04:53
Last Modified: 10 Mar 2022 04:53
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5039

Actions (login required)

View Item View Item