PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP EKOLOGI (Studi Eksperimen Kelas X MIPA SMA Negeri 10 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

NUR, BELLA GUSTIANA (2020) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP EKOLOGI (Studi Eksperimen Kelas X MIPA SMA Negeri 10 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (689kB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (136kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf

Download (373kB)
[img] Text
3. BAB 3.pdf

Download (968kB)
[img] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] Text
6. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf

Download (35kB)

Abstract

ABSTRAK BELLA GUSTIANA NUR, 2020. Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Konsep Ekologi (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 10 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar peserta didik pada konsep ekologi di kelas X MIPA SMA Negeri 10 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2019 sampai dengan bulan Mei 2020 di SMA Negeri 10 Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode true experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas X MIPA SMA Negeri 10 Kota Tasikmalaya sebanyak 5 kelas yang terdiri dari 160 peserta didik. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kemampuan pemecahan masalah dan instrumen hasil belajar pada konsep ekologi yang dilakukan sesudah proses pembelajaran. Teknik pengolahan data dan analisis data menggunakan uji Ancova (Analysis of Covariance) dengan bantuan software SPSS 23 for windows pada taraf signifikan (α) = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh metode mind mapping terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar peseerta didik pada konsep ekologi di kelas X MIPA SMA Negeri 10 Kota Tasikmalaya. Kata Kunci: mind mapping, kemampuan pemecahan masalah, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 09 Mar 2022 15:36
Last Modified: 09 Mar 2022 15:36
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5031

Actions (login required)

View Item View Item