MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SUB MATERI PERISTIWA PROKLAMASI KEMERDEKAAN DI KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 7 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2018/2019

JAYUSMAN, JAYUSMAN (2019) MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SUB MATERI PERISTIWA PROKLAMASI KEMERDEKAAN DI KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 7 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER & LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (19kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
3 KATA PENGANTAR.pdf

Download (347kB)
[img] Text
4 DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (471kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa yang muncul dalam pembelajaran sejarah menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada sub materi peristiwa proklamasi kemerdekaan di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasinya ialah seluruh siswa kelas XI IPS 1-XI IPS 4 yang berjumlah 142 orang. Dari populasi tersebut diambil sampel yaitu kelas XI IPS 3 sebanyak 36 orang yang terdiri dari; 20 Laki-laki dan 16 Perempuan. Sampel ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dalam menganalisis minat belajar siswa yang muncul, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) sebanyak 18 butir pernyataan dengan alternatif jawaban ya dan tidak. Hasil penelitian dari angket tersebut diketahui bahwa persentase secara keseluruhan menghasilkan rata-rata persentase sebesar 85,3%. Dalam perhitungan perolehan persentase skor, rata-rata persentase tersebut dikategorikan ke dalam persentase perolehan skor 75%-100% dan termasuk kategori sangat tinggi. Dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa yang muncul dalam pembelajaran sejarah menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada sub materi peristiwa proklamasi kemerdekaan di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019 sangat tinggi dengan rata-rata persentase sebesar 85,3%. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Discovery Learning, Minat Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 21 Aug 2019 01:33
Last Modified: 21 Aug 2019 01:33
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/503

Actions (login required)

View Item View Item