PERAN TUTOR DALAM PENDEKATAN PEMBELAJARAN PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI HOMESCHOOLING SMART TALENT BANDUNG

Anshary, Agnis Dewi Rengganis (2020) PERAN TUTOR DALAM PENDEKATAN PEMBELAJARAN PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI HOMESCHOOLING SMART TALENT BANDUNG. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (744kB)
[img] Text
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (127kB)
[img] Text
BAB II Landasan Teoritis.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB III Prosedur Penelitian.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB IV Hasil Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] Text
BAB V Simpulan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAK AGNIS DEWI RENGGANIS ANSHARY. 2020. “PERAN TUTOR DALAM PENDEKATAN PEMBELAJARAN PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI HOMESCHOOLING SMART TALENT BANDUNG”. Jurusan Pendidikan Masyarakat. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Sistem penyelenggaraan pendidikan dalam homeschooling pada umumnya adalah memberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan serta menerima keragaman kemampuan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran tutor dalam pendekatan pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus di Homeschooling Smart Talent Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil kajian penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Tutor mengarahkan potensi peserta didik dengan memahami dan mendekatkan diri agar anak merasa nyaman, membuat suasana seperti di rumah dan mengarahkan pada minat dan bakat yang diinginkan. Potensi peserta didik mengalami peningkatan dan menguasai hampir semua potensi kecerdasan. Kesimpulannya tutor dalam pendekatan pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus memberikan pelayanan pembelajaran dengan berorientasi pada peserta didik melalui pendekatan individual sehingga dapat mengoptimalkan potensi linguistik, logika matematik, kinestetik dan spasial dengan menciptakan situaasi belajar yang menyenangkan bagi anak berkebutuhan khusus dalam menerima pembelajaran. Kata kunci: peran, tutor, potensi, anak, homeschooling

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 09 Mar 2022 15:36
Last Modified: 09 Mar 2022 15:36
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5022

Actions (login required)

View Item View Item