HUBUNGAN KECERDASAN INTERPERSONAL DAN KEAKTIFAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di Kelas X MIPA SMAN 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

MELANI, PUTRI DEA (2021) HUBUNGAN KECERDASAN INTERPERSONAL DAN KEAKTIFAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di Kelas X MIPA SMAN 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (53kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (227kB)
[img] Text
2. Pengesahan.pdf

Download (124kB)
[img] Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (326kB)
[img] Text
11. Bab 1.pdf

Download (149kB)
[img] Text
12. Bab 2.pdf

Download (287kB)
[img] Text
13. Bab 3.pdf

Download (692kB)
[img] Text
14. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[img] Text
15. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (247kB)

Abstract

ABSTRAK PUTRI DEA MELANI, 2021. HUBUNGAN KECERDASAN INTERPERSONAL DAN KEAKTIFAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di Kelas X MIPA SMAN 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan interpersonal dan keaktifan belajar dengan hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran Biologi Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Waktu penelitian dilaksanakan pada periode Desember 2021 sd Juni 2021. Sedangkan dari populasi seluruh kelas X MIPA SMAN 5 Tasikmalaya, dipilih sampel sebanyak dua kelas menggunakan teknik purposive sampling dan terpilih kelas X MIPA 4 dan X MIPA 6 SMAN 5 Tasikmalaya yang berjumlah 41 peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa angket kecerdasan interpersonal sebanyak 50 pernyataan dan keaktifan belajar sebanyak 24 pernyataan. Sedangkan data hasil belajar kognitif peserta diperoleh dari skor PAS. Data dianalisis menggunakan analisis statistik uji korelasi product moment dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif antaralain; (i) Kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar kognitif biologi dengan nilai korelasi cukup yakni 0,441; (ii) Keaktifan belajar dengan hasil belajar kognitif biologi dengan nilai korelasi cukup yakni 0,428; (iii) kecerdasan interpersonal dan keaktifan belajar dengan hasl belajar kognitif biologi cukup yakni 0,558. Kata kunci: Hasil Belajar Kognitif, Kecerdasan interpersonal, dan keaktifan belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 08 Mar 2022 04:36
Last Modified: 08 Mar 2022 04:36
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5015

Actions (login required)

View Item View Item