PENGARUH MINAT DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK (Survey pada Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

NURJAMAN, FADHILAH CANDRA (2020) PENGARUH MINAT DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK (Survey pada Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (14kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (4kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (277kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (114kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (81kB)
[img] Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (6kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (8kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (361kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (6kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (223kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (446kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (343kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB)

Abstract

ABSTRAK Fadhilah Candra Nurjaman. 2020. Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar pada Peserta Didik (Survey pada Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya). Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Di Bawah Bimbingan H. Syamsudin Arnasik, M.Pd. dan Rendra Gumilar, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar yang salah satunya berasal dari faktor yang mempengaruhi prestasi belajar pada peserta didik Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya adalah minat dan kebiasaan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar peserta didik Kelas XI SMAN 6 Kota Tasikmalaya pada Mata Pelajaran Ekonomi baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner, observasi, dan wawancara. Adapun jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 172 peserta didik dan semua populasi menjadi sampel. Taknik sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan teknik yang diambil, yaitu sampling jenuh (sensus). Sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan regresi liner berganda, uji korelasi, uji t, dan uji f. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa nilai korelasi minat dan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar sebesar 0,676 (kuat) atau memiliki kontribusi sebesar 45,60%. Persamaan regresi liner berganda diperoleh Ŷ= 32,943 + 0,289X1 + 0,377X2 dengan didapatkan nilai thitung masing-masing sebesar 3,039 dan 4, 349 lebih besar dari ttabel 1,974 dan 0,000 < 0,05. Nilai Fhitung > Ftabel atau 70,952 > 3,04 dan 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa minat dan kebiasaan belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar baik secara parsial maupun simultan. Kata kunci : Minat, Kebiasaan, Prestasi, Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 08 Mar 2022 04:36
Last Modified: 08 Mar 2022 04:36
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5010

Actions (login required)

View Item View Item