HIDAYAT, IKBALUL (2019) PERANAN K.H.ABDUL HALIM DALAM PERKEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM MADRASAH DI KECAMATAN MAJALENGKA MELALUI ORGANISASI MASYARAKAT ISLAM (PERSYARIKATAN OELAMA) TAHUN 1916-1932. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1.Cover Skripsi REV..pdf Download (14kB) |
|
Text
4.ABSTRAK. REV..pdf Download (108kB) |
|
Text
5. KATA PENGATAR REV..pdf Download (170kB) |
|
Text
6. Daftar Isi.pdf Download (88kB) |
|
Text
9.BAB 1 REV..pdf Download (230kB) |
|
Text
10.BAB 2 REV..pdf Download (252kB) |
|
Text
11.BAB 3 REV..pdf Download (220kB) |
|
Text
12.BAB 4 REV..pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) |
|
Text
13.BAB 5 REV..pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
|
Text
14.DAFTAR SUMBER REV..pdf Download (297kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan K.H.Abdul Halim dalam Perkembngan Lembaga Pendidikan Islam Madrasah di Kecamatan Majalengka melalui Organisasi Masyarakat Islam (Persjarikatan Oelama) Tahun 1916-1932. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang menggunakan metode Historis yaitu sebuah metode proses mengkaji, menjelaskan dan menganalisis secara kritis terhadap sumber-sumber sejarah peninggalan masa lampau, dengan tahapan heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. K.H.Abdul Halim adalah tokoh pejuang Nasional baik dibidang politik, sosial, ekonomi, dakwah dan pendidikan. K.H.Abdul Halim adalah salah satu tokoh pendiri PUI yang dimana adalah hasil fusi dari dua organisasi masa Islam. Salah satu organisasi tersebut bernama POI yang di didirikan K.H.Abdul Halim. Dalam skripsi ini penulis menggali peranan K.H.Abdul Halim dalam bidang pendidikan yang berupa perkembangan lembaga pendidikan Islam Madrasah yang dilakukan K.H.Abdul Halim di Majalengka. Peranan K.H.Abdul Halim mendorong perubahan gaya lembaga pendidikan Islam di Kecamatan Majalengka baik tenaga pendidik, alat, metode, kurikulum dan lembaga pendidikan yang menggabungkan basis pesantren dan sekolah yang mejadi hal baru pada zamannya di Majalengka pada saat itu dan menjadikan pendidikan agama Islam ke arah pendidikan formal. Gerakan K.H.Abdul Hailm tersebut mendapat banyak tentangan baik dari kalangan ulama tradisi yang menganggapnya mendirikan sekolah kafir dan kolonial Belanda yang selalu mengawasi dan membatasi gerakan K.H.Abdul Halim. Dalam menghadapi hal tersebut K.H.Abdul Halim sebaliknya malah semakin giat dalam perjuangannya dengan mengebangkan Madrasah pertama di Majalengka, mendirikan organisasi Persjarikatan Oelama sebagai payung pergerakannya dan mendirikan Kweekschool (sekolah guru). Perjuangan K.H.Abdul Halim dalam bidang pendidikan cukup luar biasa, yang menurut penulis K.H.Abdul Halim seorang yang memenuhi kriteria untuk menjadi “Tokoh Pendidikan Nasional” Ia berhasil mengembangkan sekolah yang di padukan dengan pola pendidikan pesantren, yang tidak kalah penting dengan R.A. Kartini yang telah mengembangkan “sekolah keputrian” K.H. Hajar Dewantara dengan mendirikan “Taman Siswa”, dan K.H.Hasyim Asy’ari dengan “madrasah salafiah”. Kata Kunci : Peranan K.H.Abdul Halim dalam pembaharuan pendidikan Islam
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 21 Aug 2019 01:31 |
Last Modified: | 21 Aug 2019 01:31 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/501 |
Actions (login required)
View Item |