PENGARUH MODEL POGIL BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI MINAT BELAJAR (Penelitian dilakukan terhadap Peserta didik Kelas VII SMP Negeri 1 Panumbangan Ciamis)

NOVIANTI, NISA (2019) PENGARUH MODEL POGIL BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI MINAT BELAJAR (Penelitian dilakukan terhadap Peserta didik Kelas VII SMP Negeri 1 Panumbangan Ciamis). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI NISA NOVIANTI 152151036.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK NISA NOVIANTI. 2019. Pengaruh Model POGIL Berbantuan Alat Peraga terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik ditinjau Dari Minat Belajar (Penelitian dilakukan terhadap Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Panumbangan Ciamis). Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model POGIL berbantuan alat peraga terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik; untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis peserta didik ditinjau dari minat belajar (tinggi,sedang,rendah) pada penerapan model POGIL berbantuan alat peraga. metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Panumbangan tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 2 kelas. Kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan model POGIL berbantuan alat peraga dan kelas VII C sebagai kelas kontrol yang pembelajarannya menggunakan model PBL. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan yaitu: terdapat pengaruh positif model POGIL berbantuan alat peraga terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik; terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis peserta didik ditinjau dari minat belajar (tinggi,sedang,rendah) pada penerapan model POGIL berbantuan alat peraga, terdapat perbedaan yang signifikan antara peserta didik yang minat belajarnya tinggi dengan yang minat belajarnya sedang, antara peserta didik yang minat belajarnya tinggi dengan yang minat belajarmya rendah, juga antara peserta didik yang minat belajarnya sedang dan minat belajarnya rendah. Kata kunci : Model POGIL, alat peraga, Model PBL, Kemampuan Komunikasi Matematis, Minat Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 07 Mar 2022 07:10
Last Modified: 07 Mar 2022 07:10
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4989

Actions (login required)

View Item View Item