PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP EKOLOGI (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Lakbok Tahun Ajaran 2018/2019)

Nursaadah, Leli (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP EKOLOGI (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Lakbok Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (23kB)
[img] Text
4. Abstrak.jpeg.pdf

Download (286kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (103kB)
[img] Text
6. Daftar Isi, Tabel, Gbr, Lampiran.pdf

Download (31kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (137kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (575kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB VI (Autosaved).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (722kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)

Abstract

ABSTRAK Leli Nursaadah. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Konsep Ekologi (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Lakbok Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Penididkan. Universitas Siliwangi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada konsep Ekologi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai bulan Juli 2019. Metode penelitian menggunakan true experiment dengan populasi seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 1 Lakbok sebanyak 6 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 206 orang. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas X MIPA-6 sebagai kelas kontrol dan X MIPA-5 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar berbentuk multiple choice pada konsep Ekologi yang berjumlah 35 soal dan tes berpikir kritis berbentuk essay sebanyak 15 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Ancova dengan taraf signifikan (α) = 5%. Uji ancova menunjukkan corrected model sebesar 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak. Hal ini menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran learning cycle 7E terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada konsep Ekologi. Hasil penelitian diperoleh nilai N-Gain pada kemampuan berpikir kritis di kelas eksperimen sebesar 0,46 dan di kelas kontrol sebesar 0,33. Adapun nilai N�Gain hasil belajar di kelas eksperimen sebasar 0,53 dan di kelas kontrol sebesar 0,37. Kata kunci : model pembelajaran learning cycle 7E, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar, dan konsep Ekologi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 07 Mar 2022 07:09
Last Modified: 07 Mar 2022 07:09
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4983

Actions (login required)

View Item View Item