ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

BELIANA, SILVIA ALMA (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi Hardcover Silvia Alma pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Silvia Alma Beliana. 2021. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik ditinjau dari Gaya Kognitif. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik ditinjau dari gaya kognitif sistematis dan intuitif. Jenis penelitian kualitatif dengan metode eksplorasi. Teknik pengambilan data menggunakan think aloud methods. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis, dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Subjek penelitian ini merupakan peserta didik kelas VIII di MTsS Mu’min Mashum. Pengambilan subjek penelitian dari teknik think aloud yaitu 2 peserta didik yang mengerjakan lima langkah pemecahan masalah berdasarkan IDEAL Problem Solving. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peserta didik sistematis membaca soal berulang kali dalam memahami masalah. Mampu menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dengan benar menggunakan simbol matematika. Mencari solusi dengan membagi barisan bilangan ke dalam dua kelompok dan menggunakan rumus barisan aritmatika. Melaksanakan strategi menggunakan rumus barisan aritmatika serta cenderung teliti dalam dalam berhitung, menggunakan langkah yang berurutan. Mengkaji kembali dengan membuktikan hasil jawaban yang diperoleh dengan mensubstitusi nilai kedalam barisan aritmatika, menuliskan kesimpulan dengan benar dan lengkap. (2) Peserta didik intuitif cenderung terburu-buru dalam memahami soal. Mampu menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dengan lengkap dan benar menggunakan simbol matematika. Mencari solusi dengan menduga-duga dalam mencari pola bilangan untuk menentukan suku selanjutnya. Melaksanakan strategi dengan cara trial and error (mencoba-coba) dan tidak teliti dalam perhitungan. Mengkaji kembali mengunakan strategi lain yaitu dengan cara trial and error yang hampir sama seperti langkah sebelumnya serta menuliskan kesimpulan dengan benar dan lengkap. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Gaya Kognitif, Sistematis, Intuitif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 04 Mar 2022 07:12
Last Modified: 04 Mar 2022 07:12
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4959

Actions (login required)

View Item View Item