ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN KECERDASAN LINGUISTIK

HANDAYANI, INDRI (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN KECERDASAN LINGUISTIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (583kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (42kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (501kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK INDRI HANDAYANI. 2021. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis Dan Kecerdasan Linguistik. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa ditinjau dari kecerdasan logis matematis dan kecerdasan linguistik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu penyebaran angket kecerdasan logis matematis, angket kecerdasan linguistik, pemberian tes kemampuan berpikir kreatif matematis, wawancara tidak terstruktur. Sumber data dalam penelitian ini mencakup 3 elemen yaitu tempat (place): Penelitian ini dilaksanakan di MTS AL-Aziz, pelaku (actors): reponden penelitian ini terdiri dari 2 siswa dengan kategori kecerdasan logis matematis dan kecerdasan linguistik yang berbeda dan aktivitas (activity): penelitian ini berfokus pada aktivitas responden pada saat menyelesaikan soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: (a) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan kategori kecerdasan logis matematis tinggi (S14) dapat mengerjakan soal tes kemampuan berpikir kreatif dengan benar pada semua indikator yaitu fluency, flexibility dan novelty. Siswa S14 mudah mengaitkan rumus pada soal sehingga serta siswa S14 mengerti sebab akibat pada suatu masalah karena mudah menyelesaikan masalah dengan menyusun rencana permasalahan terlebih dahulu. Siswa S14 juga dapat dengan mudah menyelesaikan soal dengan berbagai penyelesaian yang berdeda, sehingga siswa S14 menunjukan fungsi dan abstraksi lain pada kecerdasan logis matematis tinggi. (b) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan kecerdasan linguistik tinggi (S11) dapat mengerjakan soal dengan benar pada indikator fluency dan flexibility. Siswa S11 mudah memberikan informasi secara lengkap mampu menjeleskan informasi yang diketahui dan yang ditanyakan pada soal dengan lengkap dan jelas serta mampu mengingat informasi dengan baik. Kata Kunci: Berpikir Kreatif Matematis, Kecerdasan Logis Matematis, Kecerdasan Linguistik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 04 Mar 2022 03:02
Last Modified: 04 Mar 2022 03:02
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4934

Actions (login required)

View Item View Item