PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA (Studi Eksperimen Kelas VIII Konsep Sistem Pencernaan pada Manusia SMP Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)

SUTISNA, DENI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA (Studi Eksperimen Kelas VIII Konsep Sistem Pencernaan pada Manusia SMP Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (43kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (75kB)
[img] Text
2. Lembar pengesahan.pdf

Download (162kB)
[img] Text
6. daftar isi.pdf

Download (81kB)
[img] Text
10. bab I pendahuluan.pdf

Download (178kB)
[img] Text
11. bab II landasan teoretis.pdf

Download (424kB)
[img] Text
12. bab III prosedur penelitian.pdf

Download (922kB)
[img] Text
13. bab IV pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (742kB)
[img] Text
14. bab V simpulan dan saran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
15. daftar pusaka.pdf

Download (80kB)

Abstract

ABSTRAK DENI SUTISNA, 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Berpikir Kritis Peserta Didik pada Konsep Sistem Pencernaan pada Manusia (Studi Eksperimen Kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap berpikir kritis peserta didik pada konsep Sistem Pencernaan pada Manusia di kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2018 sampai dengan bulan Oktober 2019 di SMP Negeri 8 Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode true eksperimental design dengan populasi kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Tasikmalaya, sebanyak 3 kelas dengan jumlah siswa 90 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas VIII G sebagai kelas eksperimen dan VIII F sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik, digunakan instrumen berupa tes berpikir kritis berjumlah 15 butir soal yang berbentuk uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan α 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap berpikir kritis peserta didik pada konsep Sistem Pencernaan pada Manusia di kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Tasikmalaya. Kata Kunci : model pembelajaran think pair share, berpikir kritis dan Sistem Pencernaan pada Manusia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 04 Mar 2022 01:42
Last Modified: 04 Mar 2022 01:42
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4929

Actions (login required)

View Item View Item