PENGARUH MEDIA POWER POINT TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA (Preeksperimen Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Pokok Bahasan Kerajaan Islam di Kelas X IIS 2 MAN 3 Kota Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020)

NURHANIFAH, NISA (2020) PENGARUH MEDIA POWER POINT TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA (Preeksperimen Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Pokok Bahasan Kerajaan Islam di Kelas X IIS 2 MAN 3 Kota Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (43kB)
[img] Text
ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (35kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR ISI-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (104kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] Text
DAFTAR SUMBER.pdf

Download (153kB)

Abstract

ABSTRAK NISA NURHANIFAH, 2020. PENGARUH MEDIA POWER POINT TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA (Pre-Eksperimental Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Pokok Bahasan Kerajaan Islam di Kelas X IIS 2 MAN 3 Kota Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Power Point terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah pokok bahasan Kerajaan Islam di kelas X IIS 2 MAN 3 Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X IIS 1 dan X IIS 2 yang berjumlah 41 orang, dari populasi tersebut diambil sampel yaitu kelas X IIS 2 sebanyak 21 orang yang terdiri dari 7 laki-laki dan 14 perempuan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling technic dengan pertimbangan guru mata pelajaran sejarah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang terdiri dari 13 butir pernyataan dengan alternatif jawaban sangat setuju, setuju, ragu-ragu, tidak setuju, dan sangat tidak setuju. Dalam menganalisis minat belajar siswa yang muncul, Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian secara keseluruhan menghasilkan rata-rata persentase sebesar 83,6%. Dalam perhitungan perolehan persentase skor menurut Sudjana (2001) mengindikasikan bahwa 75%-100% termasuk kategori sangat tinggi, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa minat belajar siswa yang muncu dalam pembelajaran sejarah menggunakan media Power Point sangat tinggi dengan rata-rata 83,6%. Kata kunci: Media Pembelajaran, Power Point, Minat Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 02 Mar 2022 07:00
Last Modified: 02 Mar 2022 07:00
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4918

Actions (login required)

View Item View Item