HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Survei di Kelas X MIA MA Negeri 2 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

FAUZI, SAHRUL (2021) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Survei di Kelas X MIA MA Negeri 2 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. Cover.pdf

Download (225kB)
[img] Text
02. Lembar Pengesahan.pdf

Download (68kB)
[img] Text
04. Abstrak.pdf

Download (191kB)
[img] Text
07. BAB I.pdf

Download (332kB)
[img] Text
08. BAB II.pdf

Download (395kB)
[img] Text
09. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (733kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (438kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran biologi dikelas X MIA MA Negeri 2 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIA MA Negeri 2 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 2 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 73 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket motivasi belajar sebanyak 20 pernyataan, angket minat belajar sebanyak 27 pernyataan, dan prestasi belajar diperoleh dari nilai raport mata pelajaran biologi pada semester ganjil. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan linearitas sebagai uji prasyarat analisis, dan uji regresi korelasi multivariat untuk uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis disimpulkan bahwa ada hubungan yang kuat antara motivasi terhadap prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran biologi dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,681, ada hubungan yang kuat antara minat belajar terhadap prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran biologi dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,606 dan ada hubungan yang kuat secara bersama-sama antara motivasi belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran biologi dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,682. Kontribusi motivasi belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar adalah 46,5% sedangkan sisanya 53,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Minat Belajar, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 02 Mar 2022 03:40
Last Modified: 02 Mar 2022 03:40
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4908

Actions (login required)

View Item View Item