ANALISIS PELAYANAN PUBLIK PADA PELAKSANAAN RETRIBUSI PD. PASAR RESIK UNIT CIKURUBUK

Agusto, Rizki (2019) ANALISIS PELAYANAN PUBLIK PADA PELAKSANAAN RETRIBUSI PD. PASAR RESIK UNIT CIKURUBUK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Rizki Agusto 151002066.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak Skripsi Rizki Agusto.pdf

Download (279kB)

Abstract

ABSTRAK RIZKI AGUSTO 2019, ANALISIS PELAYANAN PUBLIK PADA PELAKSANAAN RETRIBUSI PD. PASAR RESIK UNIT CIKURUBUK : Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi. Pasar Cikurubuk merupakan pasar terbesar dikota Tasikmalaya dengan potensi pendapatan retribusi terbesar. Namun PD. Pasar Resik Unit Cikurubuk dalam hal ini lembaga yang berwenang untuk menarik retribusi belum mampu memaksimalkan pendapatan dari potensi yang besar tersebut. Dikarenakan salah satu diantaranya adalah belum maksimalnya pelayanan publik yang dilakukan oleh PD. Pasar Resik Unit Cikurubuk. Maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelayanan publik pada pelaksanaan retribusi PD. Pasar Resik Unit Cikurubuk. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang diperoleh dengan metode Triangulasi Sumber yang berasal dari Kepala Unit PD. Pasar Resik Unit Cikurubuk, Karyawan PD. Pasar Resik Unit Cikurubuk, dan Pedagang dipasar Cikurubuk,. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelayanan publik di PD. Pasar Resik Unit Cikurubuk sudah menerapkan dimensi Tangible, Realiability, Responsiviness, Assurance dan Emphaty beserta indikatornya. Namun ada beberapa indikator yang belum berjalan sesuai dengan harapan pengguna layanan antara lain ketidaknyamanan tempat pelayanan termasuk sarana dan prasarana yang belum memadai, kedisiplinan karyawan, standar pelayanan yang belum jelas, pegawai tidak memiliki keahlian dalam menggunakan alat bantu pelayanan, dan penanganan yang masih lambat dalam proses pelayanan. Kata Kunci: Pelayanan Publik, Retribusi Pasar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 02 Mar 2022 03:06
Last Modified: 02 Mar 2022 03:06
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4897

Actions (login required)

View Item View Item