ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIK DITINJAU DARI HABITS OF MIND

NURSYA’BANIA, RIZKY (2019) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIK DITINJAU DARI HABITS OF MIND. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi Rizky Fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK RIZKY NURSYA’BANIA. 2019. Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Literasi Matematik ditinjau dari Habits of Mind. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal kemampuan literasi matematik ditinjau dari habits of mind, dimana peserta didik memiliki habits of mind yang beranekaragam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang merupakan data deskriptif. Pada penelitian ini yang dideskripsikan adalah kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal kemampuan literasi matematik ditinjau dari habits of mind terbatas (limited), pengembangan (developing), dan mahir (proficient), serta faktor penyebab terjadinya kesalahan. Kesalahan tersebut dianalisis berdasarkan indikator kemampuan literasi matematik dan untuk mengetahui tipe kesalahannya berdasarkan kesalahan Newman, hal ini diungkap melalui think aloud. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah angket habits of mind dan tes kemampuan literasi matematik. Pemilihan subjek penelitian dilakukan secara purposive dengan beberapa pertimbangan, yaitu subjek memiliki kategori habits of mind terbatas (limited), pengembangan (developing), dan mahir (proficient), peserta didik melakukan kesalahan pada saat mengerjakan soal tes kemampuan literasi matematik, peserta didik bisa mengungkapkan pendapat, serta peserta didik tersebut bersedia menjadi subjek penelitian. Kemudian dianalisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal kemampuan literasi matematik dan faktor penyebab terjadinya kesalahan pada subjek. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian subjek dengan habits of mind terbatas (limited), hanya mampu menyelesaiakn soal sampai level 1 karena melakukan kesalahan pada soal level 2, kesalahan yang dilakukan adalah kesalahan keterampilan proses. subjek dengan habits of mind pengembangan (developing), hanya mampu menyelesaiakn soal sampai level 2 karena melakukan kesalahan pada soal level 3, kesalahan yang dilakukan adalah kesalahan pemahaman. Sedangkan subjek yang lainnya mampu menyelesaiakan soal sampai level 4 karena melakukan kesalahan pada soal level 5, kesalahan yang dilakukan adalah kesalahan membaca. Subjek dengan habits of mind mahir (proficient), hanya mampu menyelesaiakn soal sampai level 3 karena melakukan kesalahan pada soal level 4, kesalahan yang dilakukan adalah kesalahan pemahaman. Sedangkan subjek yang lainnya hanya mampu menyelesaikan soal sampai level 2 karena melakukan kesalahan pada soal level 3, kesalahan yang dilakukan adalah kesalahan pemahaman. Faktor penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan yaitu tergesa-gesa, kurang teliti, keslahan keterampilan proses, kesalahan pemahaman, tidak memahami materi, dan kesalahan membaca. Kata kunci: Analisis, Faktor Penyebab Kesalahan, Habits of Mind, Kemampuan Literasi Matematik, Kesalahan Newman.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 01 Mar 2022 01:06
Last Modified: 01 Mar 2022 01:06
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4859

Actions (login required)

View Item View Item