KONSTRIBUSI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI KEHIDUPAN BANGSA INDONESIA PADA ZAMAN PENDUDUKAN JEPANG DI KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 7 TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2018/2019

Nurma’rifah Khoirunnisa, Ayunicha (2019) KONSTRIBUSI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI KEHIDUPAN BANGSA INDONESIA PADA ZAMAN PENDUDUKAN JEPANG DI KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 7 TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi Ayunicha.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode penelitian Quasi Experimental Design, dengan bentuk desain yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design, yang bertujuan untuk (1) mengetahui gambaran mengenai proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Everyone Is A Teacher Here di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 7 Tasikmalaya, (2) mengetahui gambaran mengenai apakah terdapat peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Everyone Is A Teacher Here di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 7 Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar yang terdiri dari sebanyak 32 soal yang berbentuk pilihan ganda dengan 5 option. Data yang terkumpul dianalisis dengan bantuan menggunakan program SPSS 23.0. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji n-gain. Data dianalisis dengan menggunakan rumus siginifikasi dan dalam uji hipotesis menggunakan uji T-Test Independent. Terdapat hasil yang siginifikan pada hasil belajar siswa setelah dilakukan analisis data melalui uji validitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji ngain. Hasil analisis hipotesis dihitung dengan menggunakan uji T-Test Independent, serta nilai didapatkan sebesar 2.572 dan nilai sebesar 1.994, maka dapat hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ditolak dan diterima yang artinya terdapa pengaruh hasil belajar siswa setelah digunakannya model pembelajaran Kooperatif tipe Everyone Is A Teacher Here. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Everyone Is A Teacher Here, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 20 Aug 2019 06:30
Last Modified: 20 Aug 2019 06:30
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/485

Actions (login required)

View Item View Item