PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATA PELAJARAN SEJARAH PEMINATAN MATERI POKOK RESPON BANGSA INDONESIA TERHADAP IMPEREALISME DAN KOLONIALISME TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 4 MAN 2 TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2018/2019

KHOERUL ULYA, ARRUM (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATA PELAJARAN SEJARAH PEMINATAN MATERI POKOK RESPON BANGSA INDONESIA TERHADAP IMPEREALISME DAN KOLONIALISME TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 4 MAN 2 TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Coveer.pdf

Download (14kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (121kB)
[img] Text
4. kata Pengantar.pdf

Download (192kB)
[img] Text
5. Daftar isi, Tabel, Gambar dan Lampiran.pdf

Download (96kB)
[img] Text
6. BAB 1.pdf

Download (309kB)
[img] Text
7. BAB II.pdf

Download (240kB)
[img] Text
8. BAB III.pdf

Download (619kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB)
[img] Text
10.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)

Abstract

Pada umumnya pembelajaran sejarah di lapangan cenderung menggunakan pembelajaran ceramah, guru lebih mendominasi pembelajaran yang mengakibatkan peserta didik merasa jenuh. Berdasarkan hasil rata-rata ulang semester ganjil di kelas XI IPS 4 MAN 2 Tasikmlaya yang masih di bawah kinerja ketuntasan minimal (KKM), menunjukkan kemampuan dan pemahaman dalam pembelajaran sejarah masih kurang. Pemilihan model pembelajaran yang tepat merupakan salah satu cara dalam menanggulangi masalah tersebut. Dari sekian banyak model-model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation, merupakan salah satu model pembelajran kooperatif yang memungkinkan siswa membangun pengetahuannya sendiri dan komunikasi terjadi multi arah. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar siswa. Tujuannya adalah untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS MAN 2 Tasikmlaya tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 192 orang. Sampel diambil secara random sebanyak dua kelas yaitu kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IP2 Sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melaksanakan tes pemahaman sebanyak dua kali. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes berbentuk PG sebanyak empat puluh soal. Hasil penelitian dalam uji Independent-Samples Test diperoleh hasil kelas eksperimen-kontrol menunjukkan ada peningkatan, bahwa nilai sebesar 3.220. Dari data tersebut terlihat nilai -3.220 > 1.998, nilai probabilitas atau Sig (2-tailed) 0,002 < 0,05 sehingga diterima dan ditolak dengan hasil rata-rata hasil belajar 4,83 sebelum dan 72,5 setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation, dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada mata pelajaran sejarah peminatan materi Respon Bangsa Indonesia Terhadap Imperealisme dan Kolonialisme terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS 4 MAN 2 Tasikmalaya Semester Genap Tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 20 Aug 2019 06:29
Last Modified: 20 Aug 2019 06:29
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/484

Actions (login required)

View Item View Item