PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA MAKET 3D TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Penelitian Eksperimen pada Mata Pelajaran Geografi Sub Materi Litosfer di Kelas X IPS SMA Negeri 4 Tasikmalaya)

MAHMUDAH, RIFAATUL (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA MAKET 3D TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Penelitian Eksperimen pada Mata Pelajaran Geografi Sub Materi Litosfer di Kelas X IPS SMA Negeri 4 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (15kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (12kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (358kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (73kB)

Abstract

ABSTRAK RIFAATUL MAHMUDAH. 2020. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Media Maket 3d terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik (Penelitian Eksperimen pada Mata Pelajaran Geografi Sub Materi Litosfer di Kelas X IPS SMA Negeri 4 Tasikmalaya). Jurusan Pendidikan Geografi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dorongan atau motivasi belajar peserta didik yang lebih tinggi pada saat menggunakan media pembelajaran dibandingkan pada saat tidak menggunakan media. Hal ini dapat dibuktikan dengan rata-rata nilai ulangan harian peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran lebih tinggi, dibandingkan dengan nilai rata-rata ulangan harian peserta didik setalah belajar tanpa menggunakan media pembelajaran. Penerapan media pembelajaran di kelas X IPS SMA Negeri 4 Tasikmalaya biasanya hanya menggunakan peta, dan LCD Proyektor dengan menampilkan video pembelajaran. Padahal pada zaman modern sekarang ini media pembelajaran semakin canggih dan bervariasi. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu mengetahui langkah-langkah penerapan media maket 3D dalam model pembelajaran Discovery Learning pada mata pelajaran Geografi materi litosfer di kelas X IPS SMA Negeri 4 Tasikmalaya, dan mengetahui pengaruh penerapan media maket 3D dalam model pembelajaran Discovery Learning terhadap motivasi belajar peserta didik di kelas X IPS SMA Negeri 4 Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen quasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPS di SMA Negeri 4 Tasikmalaya berjumlah 170. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan probability sampling, yaitu dengan menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan langkah-langkah penerapan media maket 3D dalam model pembelajaran Discovery Learning di kelas X IPS SMA Negeri 4 Tasikmalaya yaitu pretest, pemaparan materi oleh guru mata pelajaran geografi, peserta didik memberikan pertanyaan mengenai proses vulkanisme dan pengaruhnya terhadap kehidupan, peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi, peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan kembali materi proses vulkanisme dan pengaruhnya terhadap kehidupan, mengambil kesimpulan, dan Posttest. Berdasarkan uji paired sampel t�test, diketahui bahwa Thitung sebesar 44.027, maka Thitung 44.027 > 1.69092 (TTabel), sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan media maket 3D dalam model pembelajaran Discovery Learning pada materi Litosfer mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 4 Tasikmalaya berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik. Kata kunci : Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Media Maket 3D, Model Pembelajaran Discovery Learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 24 Feb 2022 07:46
Last Modified: 24 Feb 2022 07:46
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4839

Actions (login required)

View Item View Item