PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR, KEBAHASAAN DAN MENGONSTRUKSIKAN TEKS NEGOSIASI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Islam Terpadu Ibnu Siena Kabupaten Ciamis Tahun Ajaran 2019/2020)

Ruhama, Ruhama (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR, KEBAHASAAN DAN MENGONSTRUKSIKAN TEKS NEGOSIASI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Islam Terpadu Ibnu Siena Kabupaten Ciamis Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. SAMPUL.pdf

Download (18kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (83kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (147kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (163kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (163kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (122kB)
[img] Text
7. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (87kB)
[img] Text
8. BAB II KAJIAN TEORETIS.pdf

Download (260kB)
[img] Text
9. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Download (349kB)
[img] Text
10. BAB IV PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (721kB)
[img] Text
11. BAB V SIMPULAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (61kB)

Abstract

ABSTRAK Ruhama, 2020, Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Keterampilan Menganalisis Isi, Struktur, Kebahasaan Dan Mengonstruksikan Teks Negosiasi (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Islam Terpadu Ibnu Siena Kabupaten Ciamis Tahun Ajaran 2019/2020) Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dalam kurikulum 2013 revisi salah satu kpmpetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik adalah KD.3.11 Menganalisis isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi dan KD.4.11 Mengonstruksikan teks negosiasi dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pengaruh model pembelajaran think pair share dalam pembelajaran menganalisis dan mengontruksikan teks negosiasi pada siswa kelas X SMA Islam Terpadu Ibnu Siena Kabupaten Ciamis Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen karena dalam penelitian ini penulis ingin mengetahui pengaruh model pembelajaran think pair share dalam pembelajaran menganalisis dan mengontruksikan teks negosiasi pada siswa kelas X SMA Islam Terpadu Ibnu Siena Kabupaten Ciamis tahun ajaran 2019/2020. Teknik penelitian yang digunakan yaitu teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik tes.Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Islam Terpadu Ibnu Siena Kabupaten Ciamis tahun ajaran 2019/2020. Sampel pada penelitian ini menggunakan dua kelas, satu kelas eksperimen satu kelas kontrol. Data penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretes kelas eksperimen dalam menganalisis teks negosiasi adalah 54,84 dan nilai rata-rata postes adalah 92,5, sedangkan nilai rata-rata pretes kelas kontrol adalah 44,36 dan nilai rata-rata postes adalah 64,63. Dalam kemampuan mengontruksikan teks negosiasi nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 54,05 dan niali rata-rata postes adalah 80,23. Nilai rata-rata pretes kelas kontrol adalah 16,90 dan nilai rata-rata postes adalah 70,76. Berdasarkan uji Wilcoxon diketahui bahwa hipotesis terbukti, karena dalam kemampuan menganalisis teks negosiasi Whitung = 0 < W(0,01) = 31,2. dan dalam kemampuan mengontruksikan teks negosiasi Whitung = 26 < W(0,01) = 31,2. Artinya, model pembelajaran think pair share berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menganalisis dan mengontruksikan teks negosiasi pada siswa kelas X SMA Islam Terpadu Ibnu Siena Kabupaten Ciamis tahun ajaran 2019/2020

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 24 Feb 2022 07:46
Last Modified: 24 Feb 2022 07:46
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4836

Actions (login required)

View Item View Item