ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI FOTOSINTESIS MENGGUNAKAN INSTRUMEN FOUR TIER DIAGNOSTIC TEST (Studi Deskriptif Kualitatif Di Kelas XII SMAN 2 SINGAPARNA Kab. Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

ISMI, WINDA (2020) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI FOTOSINTESIS MENGGUNAKAN INSTRUMEN FOUR TIER DIAGNOSTIC TEST (Studi Deskriptif Kualitatif Di Kelas XII SMAN 2 SINGAPARNA Kab. Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
WINDA ISMI_SIDANG SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Winda Ismi. 2020. Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Fotosintesis Menggunakan Instrumen Four Tier Diagnostic Test (Studi Deskriptif Kualitatif Di Kelas XII SMAN 2 Singaparna Kab.Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis miskonsepsi peserta didik pada materi fotosintesis menggunakan instrumen four tier diagnostic test di kelas XII IPA SMAN 2 Singaparna Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2018 sampai dengan Oktober 2020 di SMAN 2 Singaparna. Materi fotosintesis merupakan konsep abstrak dan dianggap sulit dipahami peserta didik, materi yang dianggap sulit ini memungkinkan terjadinya miskonsepsi. Four tier diagnostic test merupakan salah satu tes diagnostik yang dapat digunakan untuk mengetahui miskonsepsi peserta didik. Four tier diagnostic test ini terdiri atas empat tingkatan, yaitu tingkat pertama adalah pertanyaan pengetahuan berupa pilihan majemuk dengan empat pilihan jawaban, tingkat kedua adalah pertanyaan tentang keyakinan dalam memilih jawaban pada tingkat pertama, tingkat ketiga adalah pertanyaan alasan untuk mendukung jawaban pada tingkat pertama sedangkan tingkat keempat adalah pertanyaan tentang keyakinan dalam menjawab tingkat ketiga. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen four tier diagnostic test ini diberikan kepada subjek penelitian yang terdiri atas 40 peserta didik dan wawancara diagnostik dilakukan pada peserta didik yang sudah teridentifikasi miskonsepsi untuk mengetahui penyebab miskonsepsi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh bahwa miskonsepsi peserta didik pada materi fotosintesis ditemukan dengan persentase sebesar 25.75% dengan kategori rendah dan penyebab miskonsepsi ini berasal dari prakonsepsi yang salah, kurangnya kemampuan peserta didik, penalaran yang salah dan guru. Kata Kunci: Four Tier Diagnostic Test, Miskonsepsi, Fotosintesis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 24 Feb 2022 07:45
Last Modified: 24 Feb 2022 07:45
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4828

Actions (login required)

View Item View Item