Exploring a Student-Teacher’s Language Teaching Awareness: An Autobiographical Narrative Inquiry

Ainussamsi, Zehan Agustia (2020) Exploring a Student-Teacher’s Language Teaching Awareness: An Autobiographical Narrative Inquiry. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
First Pages.pdf

Download (525kB)
[img] Text
Chapter 1.pdf

Download (273kB)
[img] Text
Chapter 2.pdf

Download (388kB)
[img] Text
Chapter 3.pdf

Download (287kB)
[img] Text
Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)
[img] Text
Chapter 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
References.pdf

Download (276kB)

Abstract

ABSTRAK ZEHAN AGUSTIA AINUSSAMSI. 2020. Exploring a Student-Teacher’s Language Teaching Awareness: An Autobiographical Narrative Inquiry. Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Kesadaran mengajar bahasa adalah suatu konsep yang bertujuan untuk mengeskplorasi kesadaran dalam pengajaran bahasa, diantaranya yaitu mengeskplorasi akidah beserta pengalaman selama mengajar seperti perencanaan pelajaran, manajemen kelas, penilaian, proses pengajaran, sikap terhadap penggunaan bahasa yang diajarkan serta peristiwa lain yang terjadi dalam kelas seperti hubungan antara siswa dan guru. Konsep ini dikemukakan oleh Gebhard dan Oprandy (1999) yang teori dasarnya mengadopsi dari teori kesadaran diri (Duval & Wicklund, 1972). Teori kesadaran diri adalah teori dimana seseorang memiliki kesadaran terhadap apa yang terjadi pada diri sendiri dan lingkungannya, seperti menyadari apa yang dirasa, dipikirkan dan apa yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi perkembangan kesadaran pengajaran bahasa dari satu guru pra-jabatan yakni peneliti sendiri, jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dari salah satu universitas di Indonesia yang telah berkesempatan untuk melaksanakan praktik mengajar di salah satu sekolah menengah pertama di Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia selama 2 bulan. Data yang dikumpulkan melalui buku harian pribadi yang ditulis selama periode praktik mengajar, interview semi-terstruktur dan kuisioner terbuka, diproses secara kualitatif. Dalam hal ini bagaimana perkembangan kesadaran pengajaran bahasa selama praktik mengajar, dianalisis, dan dijelaskan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada empat kategori utama dalam perkembangan kesadaran pengajaran bahasa: (1) perasaan dinamis terhadap kegiatan praktik pengajaran bahasa, (2) pemikiran adaptif terhadap kegiatan pengajaran bahasa dalam keadaan tertentu, (3) kemampuan untuk menyesuaikan dengan keadaan mengajar yang beragam, (4) realisasi implikasi pedagogis dari keyakinan dan praktik pengajaran. Kesadaran pengajaran bahasa telah membantu guru praktikan untuk merefleksi, mengatur dan mengevaluasi diri di mana hal itu memungkinkannya untuk mendapatkan konsep dan konsistensi diri dalam pengajaran bahasa selama proses pengembangannya, yang kemudian dapat disalurkan sebagai batu loncatan untuk pengembangan profesionalnya. Kata kunci: kesadaran mengajar bahasa, kesadaran diri, guru praktikan, praktik mengajar bahasa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 24 Feb 2022 07:45
Last Modified: 24 Feb 2022 07:45
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4822

Actions (login required)

View Item View Item