KONTRIBUSI PENGGUNAAN MEDIA PREZI PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA MATERI POKOK PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI 6 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019

AYUDIAWATI, AMELIA (2019) KONTRIBUSI PENGGUNAAN MEDIA PREZI PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA MATERI POKOK PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI 6 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi Amel.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi penggunaan media rezi pada mata pelajaran sejarah indonesia materi pokok proklamasi kemerdekaan indonesia dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 6 Tasikmalaya semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen berdesain “Non-equivalent control group design”, dilaksanakn pada kelas XI IPA SMA Negeri 6 Tasikmalaya. Adapun teknik pengambilan sample dengan menggunakan teknik purposive sampling, sample dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol, dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan tes. Metode tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan test awal dan tes akhir (pretest dan postest). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran prezi di kelas XI IPA 3 hasil postest hasil belajar siswa diperoleh yang berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukan perbedaan hasil belajar sebesar 85,11 untuk kelas eksperimen, dan 75,55 untuk kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil uji (t) , dari perhitungan diatas didapatkan 7,345 > 1,994. Sehingga apabila dimasukan pada rumus hipotesis > , sehingga ditolak dan diterima. Kesimpulannya adalah terdapat peningkatan hasil belajar siswa antara kelas XI IPA 3 yang menggunakan media pembelajaran prezi dengan siswa kelas XI IPA 1 yang tidak menggunakan media pembelajaran prezi. Dari hasil penelitian dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran prezi dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sebaiknya dijadikan sebagai satu alternatif dalam kegiatan pembelajaran sejarah khususnya pada materi pokok proklamasi kemerdekaan Indonesia. Kata Kunci : Media Pembelajaran Prezi, dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 20 Aug 2019 04:11
Last Modified: 20 Aug 2019 04:11
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/480

Actions (login required)

View Item View Item