PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, AND EXTENDING (CORE) TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN PUISI DAN MENULIS PUISI (Eksperimen pada kelas X SMK Igasar Pindad Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

hikmah, Arifatul (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, AND EXTENDING (CORE) TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN PUISI DAN MENULIS PUISI (Eksperimen pada kelas X SMK Igasar Pindad Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Draft Skripsi Arifatul Hikmah (162121048).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Arifatul Hikmah. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending (CORE) terhadap Kemampuan Menganalisis Unsur Pembangun Puisi dan Menulis Puisi (Eksperimen pada Kelas X SMK Igasar Pindad Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Menganalisis unsur pembangun puisi dan menulis puisi dengan memperhatikan unsur pembangun puisi merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas X dalam kurikulum 2013 revisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh model Connecting Organizing Reflecting and Extending (CORE) terhadap kemampuan menganalisis unsur pembangun puisi dan menulis puisi dengan memperhatikan unsur pembangun puisi di kelas X SMK Igasar Pindad Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dan teknik tes. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMK Igasar Pindad Kabupaten Tasikmalaya dan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X Multimedia 3 sebagai kelas kontrol dan kelas X Multimedia 4 sebagai kelas eksperimen. Perhitungan uji Wilcoxon pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menujukkan perbedaan hasil belajar. Pada kompetensi dasar pengetahuan, nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu pretest 52,4 dan nilai posttest 88,2 sedangkan pada kelas kontrol yaitu pretest 41,4 dan nilai posttest 70,73. Pada kompetensi dasar keterampilan, nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu pretest 40,6 dan nilai posttest 86,4 sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol yaitu pretest 38,2 dan nilai posttest 80. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan data posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam kemampuan menganalisis unsur pembangun puisi yaitu Whitung = 0 < dari Wtabel (0,01) = 16. Kemudian dalam kemampuan menulis puisi dengan memperhatikan unsur pembangun puisi yaitu Whitung = 0 < dari Wtabel (0,01) = 16. Artinya model Connceting Organizing Reflecting and Extending (CORE) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menganalisis unsur pembangun puisi dan menulis puisi dengan meperhatikan unsur pembangun puisi di kelas X SMK Igasar Pindad Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 24 Feb 2022 07:44
Last Modified: 24 Feb 2022 07:44
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4799

Actions (login required)

View Item View Item