ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA

SUPARTINI, NIDA (2021) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (45kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (217kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, & DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (105kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (153kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (216kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (145kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (948kB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)

Abstract

ABSTRAK NIDA SUPARTINI. 2021. Analisis Kesalahan Peserta Didik Tunagrahita dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan peserta didik tunagrahita dalam menyelesaikan soal matematika dan faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan peserta didik tunagrahita dalam menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SLB Negeri Tamansari Kota Tasikmalaya. Subjek penelitian diambil dari peserta didik tunagrahita kelas VII kemudian diambil 6 subjek penelitian, pemilihan subjek dengan cara purposive. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes dan wawancara. Instrumen pendukung yang digunakan adalah soal tes dan wawancara. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian peserta didik tunagrahita melakukan kesalahan yaitu kesalahan faktual melakukan kesalahan tidak menuliskan apa yang diketahui dalam soal, tidak menuliskan apa yang ditanyakan dalam soal, terdapat kesalahan dalam menuliskan apa yang diketahui dalam soal, tidak lengkap dalam menuliskan apa yang diketahui dalam soal, tidak lengkap dalam menuliskan apa yang ditanyakan dalam soal, dan kesalahan dalam menuliskan simbol-simbol matematika; kesalahan konseptual melakukan kesalahan dalam menentukan rumus, dan kesalahan tidak dapat menentukan rumus; kesalahan prosedural melakukan kesalahan langkah-langkah dalam menyelesaikan soal matematika, dan kesalahan tidak menuliskan langkah-langkah dalam menyelesaikan soal matematika. Faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan peserta didik tunagrahita dalam menyelesaikan soal matematika yaitu kurang teliti dalam mengerjakan soal, kurang berlatih dalam menyelesaikan soal-soal tentang operasi hitung, belum menguasai materi, dan tidak mengerti maksud dari soal yang diberikan. Kata kunci: Kesalahan, Faktor Penyebab Kesalahan, Tunagrahita

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 24 Feb 2022 07:43
Last Modified: 24 Feb 2022 07:43
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4792

Actions (login required)

View Item View Item