PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY PADA MATA PELAJARAN SEJARAH PEMINATAN MATERI SEJARAH PERADABAN LEMBAH SUNGAI INDUS DAN GANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS 2 SMA NEGERI 1 CINEAM KABUPATEN TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Rismayanti Nugraha, Ai (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY PADA MATA PELAJARAN SEJARAH PEMINATAN MATERI SEJARAH PERADABAN LEMBAH SUNGAI INDUS DAN GANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS 2 SMA NEGERI 1 CINEAM KABUPATEN TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
BurningAllfileI-5FIXXXX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh model pembelajaran Course Review Horay pada mata pelajaran sejarah peminatan materi sejarah peradaban lembah sungai indus dan gangga terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Cineam Kabupaten Tasikmalaya Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Course Review Horay pada mata pelajaran sejarah peminatan materi sejarah peradaban lembah sungai indus dan gangga terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Cineam Kabupaten Tasikmalaya Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Instrumen yang digunakan yaitu observasi dan soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal dengan 5 pilihan jawaban. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Cineam dengan jumlah peserta didik 156 siswa, yang dijadikan sampel adalah kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 31 siswa dan kelas X IPS 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa uji normalitas, uji homogenitas, uji-t dan N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terjadinya perubahan hasil belajar yaitu perolehan nilai rata-rata hasil belajar sebelum menggunakan model Course Review Horay 65.16, sedangkan nilai rata-rata setelah menggunakan model Course Review Horay 95. Proses pengolahan data menggunakan program IBM SPSS 23,0 For Windows. Data tersebut mendukung bahwa penelitian yang dilakukan peneliti berhasil dengan dibuktikan berdasarkan Uji-t menggunakan Independent Sample T-Test, yakni > yaitu 1.760 > 1.728. Dengan demikian maka ditolak dan diterima artinya terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Course Review Horay pada pelajaran sejarah peminatan materi sejarah peradaban lembah sungai indus dan gangga terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Cineam Kabupaten Tasikmalaya Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata Kunci : Course Review Horay, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 20 Aug 2019 04:08
Last Modified: 20 Aug 2019 04:08
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/479

Actions (login required)

View Item View Item