PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2014/2015)

DEWI, RENNY PUSPA (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2014/2015). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI RENNY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK RENNY PUSPA DEWI, 2017. “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigwas Dengan Pendekatan Scientific Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik Peserta Didik”. (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2014/2015). Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan Scientific terhadap kemampuan komunikasi matematik peserta didik pada materi segitiga dan segiempat serta untuk mengetahui sikap peserta didik terhadap model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan Scientific. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen, Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes kemampuan komunikasi matematik dan angket sikap peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji perbedaan dua rata-rata (uji-t) dan angket peserta didik menggunakan NJI (nilai jenjang interval). Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMP Negeri I Tasikmalaya tahun pelajaran 2014/2015, sedangkan pemilihan sampel yaitu dengan teknik purposive sampling dan terpilih kelas VII C sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan Scientific dan kelas VII D sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran pendekatan Scientific. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh simpulan bahwa ada pengaruh positif penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan Scientific terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematik peserta didik dan sikap peserta didik telah mendukung dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan Scientific.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 24 Feb 2022 07:42
Last Modified: 24 Feb 2022 07:42
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4765

Actions (login required)

View Item View Item