IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA MATERI ISLAMISASI DAN SILANG BUDAYA DI NUSANTARA DI KELAS X IPS SMA NEGERI 5 TASIKMALAYA PADA MASA PANDEMI

ANURWIANAH, WINA (2021) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA MATERI ISLAMISASI DAN SILANG BUDAYA DI NUSANTARA DI KELAS X IPS SMA NEGERI 5 TASIKMALAYA PADA MASA PANDEMI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (23kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (276kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN .pdf

Download (254kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB)

Abstract

ABSTRAK WINA ANURWIANAH.2021. IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA MATERI ISLAMISASI DAN SILANG BUDAYA DI NUSANTARA DI KELAS X IPS SMA NEGERI 5 TASIKMALAYA PADA MASA PANDEMI. Jurusan pendidikan sejarah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Universitas siliwangi, Tasikmalaya. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui bagaimana proses implementasi kurikulum nasional 2013 pada materi islamisasi dan silang budaya di Nusantara pada pembelajaran sejarah Indonesia di kelas X IPS SMA Negeri 5 Tasikmalaya pada masa pandemic. Penelitian ini bersifat naturalistic karena metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitianya deskrifsip. Hasil dari penelitian ini akan diuraikan dalam bentuk deskifsi dari permasalahan yang diteliti. Masalah dalam penelitian ini adalah permasalahan yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam penerapan kurikulu 2013 di masa pandemic serta upaya yang digunakan untuk menghadapai permasalahan dalam penerapan kurikulum 2013 pada masa pandemic saat proses pembelajaran secara daring. Terutama kendala yang dihadapi oleh guru sejarah indonesia kelas X IPS, dimana kelas X IPS ini selama pandemic belum pernah melakukan proses pembelajaran tatap muka, sehingga permasalahan yang dihadapi lebih banyak dibanding dengan kelas sebelumnya. Hasil dari penelitian ini, terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh siswa dan guru dalam penerapan kurikulum 2013 pada masa pandemic salah satunya adalah kesulitan internet sebagai bagian dari media untuk melakukan pembelajaran daring. Upaya yang dilakukan oleh guru dan pihak sekolah adalah dengan menyediakan media pembelajaran yang dapat dengan mudah diakses oleh siswa saat pembelajaran daring salah satunya yaitu menggunakan aplikasi whattaps sebagai media pembelajaran daring. Kata kunci : Implementasi, Kurikulum 2013, Masa pandemic.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 17 Feb 2022 01:59
Last Modified: 17 Feb 2022 01:59
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4728

Actions (login required)

View Item View Item