UPAYA LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN DALAMMENANGANI MASALAH PEMBELAJARAN DARING (Studi Di Lembaga Kursus dan Pelatihan Mulia Mandiri Abadi Kursus Bahasa Jepang Kota Tasikmalaya)

Majid, Abdul (2021) UPAYA LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN DALAMMENANGANI MASALAH PEMBELAJARAN DARING (Studi Di Lembaga Kursus dan Pelatihan Mulia Mandiri Abadi Kursus Bahasa Jepang Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (13kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN-1.pdf

Download (62kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (33kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN TEORETIS.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB III PROSEDUR PENELITIAN.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (72kB)

Abstract

ABSTRAK ABDUL MAJID. 2021. UPAYA LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN DALAM MENANGANI MASALAH PEMBELAJARAN DARING. (STUDI DI LEMBAGA KURSUS DAN PE LATIHAN BAHASA JEPANG MULIA MANDIRI ABADI KOTA TASIKMALAYA). Jurusan Pendidikan Masyarakat Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Kurus dan pelatihan merupakan satuan program pendidikan non-formal yang biasanya diselenggarakan dalam waktu yang cukup singkat dengan berfokus pada satu keahlian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya lembaga kursus dan pelatihan dalam menangani masalah pembelajaran daring, alasan dilakukannya penelitian ini berdasarkan dari keresahan peneliti selama melaksanakan program Pengenalan Lapangan Persekolahan, dalam pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh lembaga kursus dan pelatihan mulia mandiri abadi yaitu menggunakan pembelajaran daring atau pembelajaran dalam jaringan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Purposive Sampling dengan pendekatan kualitatif dan Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mengenai upaya lembaga kursus dan pelatihan dalam menangani masalah pembelajaran daring (Studi di Lembaga Kursus dan Pelatihan Bahasa Jepang Mulia Mandiri Abadi Kota Tasikmalaya). Terdapat upaya yang dilakukan oleh pihak lembaga kursus Mulia Mandiri Abadi dalam menangani masalah pembelajaran daring, yakni memberikan kesempatan dengan mengadakan kelas tatap muka secara terbatas dan ketat akan protokol kesehatan yang sudah berlaku, dalam pelaksanaan pembelajaran daring berbagai media digunakan diantaranya whatsapp, google class room, zoom, youtube dan Edmodo. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring tersebut banyak faktor yang menjadi hambatan seperti kekuatan signal internet dan kuota internet, pihak lembaga kursus memberikan solusi untuk menangani masalah tersebut dengan cara memberikan kesempatan bagi siswa atau warga belajar yang benar-benar kesulitan dalam pelaksanaan pembelajaran daring yaitu dengan mengikuti pembelajaran secara langsung atau tatap muka agar tujuan dari pembelajaran tersebut tercapai. Kata Kunci : Kursus, Pelatihan, Daring, Bahasa Jepang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 15 Feb 2022 06:39
Last Modified: 15 Feb 2022 06:39
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4700

Actions (login required)

View Item View Item