IRYANI, DEDE (2025) PENGARUH MEDIA CROSSWORD PUZZLE ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X-4 SMA NEGERI 10 TASIKMALAYA. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1 COVER.pdf
Download (167kB)
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (177kB)
3 LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (137kB)
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (62kB)
5 HALAMAN PRIBADI.pdf
Download (129kB)
6 ABSTRAK.pdf
Download (202kB)
7 KATA PENGANTAR.pdf
Download (182kB)
8 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (183kB)
9 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf
Download (344kB)
10 BAB 1.pdf
Download (339kB)
11 BAB 2.pdf
Download (467kB)
12 BAB 3.pdf
Download (866kB)
13 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (664kB)
14 BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (226kB)
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (227kB)
17 RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (167kB)
16 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media Crossword Puzzle Online terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas X-4 SMAN 10 Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berfokus pada eksperimen metode kuasi eksperimental bentuk non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMAN 10 Tasikmalaya. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang hanya memberi kesempatan kepada kelas X-4 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 37 orang dan kelas X-8 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 orang. Pengumpulan data melalui lembar angket yang telah di uji validitas dan uji reliabilitas dan lembar observasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil analisis menjawab hipotesis uji terkait pengaruh media Crossword Puzzle Online terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah. Proses pembelajaran dilaksanakan selama tiga pertemuan yang terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Kegiatan inti terdiri dari penyampaian materi, pembagian kelompok, diskusi pengerjaan Crossword Puzzle Online. Pembelajaran yang dilakukan di kelas eksperimen telah menunjukan adanya perubahan minat belajar selama proses treatment diberikan. Hasil uji hipotesis menggunakan independent sample t-test menunjukan nilai sig. (2-tailed) sebesar <.001 < 0.05. Hasil tersebut menunjukan bahwa Ha diterima dan H₀ ditolak, artinya terdapat pengaruh media Crossword Puzzle Online terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas X-4 SMA Negeri 10 Tasikmalaya. Hasil penelitian ini mendukung teori behaviorisme yang menyatakan bahwa stimulus dapat menghasilkan respon positif. Stimlus disini berupa penggunaan media crossword puzzle online yang dapat menghasilkan respon positif berupa peningkatan minat belajar. Oleh karena itu, guru disarankan menggunakan media ini sebagai strategi pembelajaran yang menarik dan efektif dalam meningkatkan minat belajar. Didukung oleh fasilitas yang memadai dari pihak sekolah. Terakhir untuk peneliti selanjutnya, penelitian ini dapat menjadi dasar untuk mengembangkan studi lebih lanjut dengan mengkolaborasikan dengan pendekatan lain.
Kata Kunci: Crossword Puzzle Online, Minat Belajar, Pembelajaran Sejarah
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 02:27 |
| Last Modified: | 30 Oct 2025 02:27 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/467 |
