PENERAPAN PEMBELARAN SIMULASI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN VOKASIONAL SABLON (Penelitian Tindakan Kelas pada Kelompok Belajar Kesetaraan di PKBM Tunas Jaya Indah)

Sauri, Zaki Pratama (2020) PENERAPAN PEMBELARAN SIMULASI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN VOKASIONAL SABLON (Penelitian Tindakan Kelas pada Kelompok Belajar Kesetaraan di PKBM Tunas Jaya Indah). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
skripsi zaki .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Zaki Pratama Sauri, 2020. PENERAPAN PEMBELAJARAN SIMULASI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN VOKASIONAL SABLON (Penelitian Tindakan kelas pada Kelompok Belajar Kesetaraan di PKBM Tunas Jaya Indah). Program Studi Pendidikan Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Program Pendidikan Keterampilan hidup merupakan keterampilan vokasional dalam meningkatkan kebutuhan hidup namun dalam pelaksanaan kegiatannya masih dirasakan belum maksimal oleh karena itu penerapan pembelajaran simulasi dalam meningkatkan keterampilan vokasional sablon pada Kelompok Belajar Kesetaraan di PKBM Tunas Jaya Indah untuk dapat meningkatkan keterampilan vokasional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses meningkatkan keterampilan vokasional melalui pelatihan cetak sablon dan untuk mengetahui ada peningkatan keterampilan vokasional melalui pelatihan cetak sablon. Penelitian ini menggunakan metode Penenelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan mutu pembelajaran yang berupa pelatihan keterampilan cetak sablon kaos untuk meningkatkan keterampilan vokasional. Dalam pelaksanaannya peneliti berkolaborasi dengan pelatih dalam proses pelaksanaan penelitian yang telah direncanakan dan dipersiapkan secara sistematis agar menghasilkan adanya peningkatan pembelajaran. Hasil kajian penelitian adalah peningkatan keterampilan vokasional melalui pelatihan keterampilan cetak sablon kaos dapat dilihat dari hasil evaluasi yang telah dilakukan selama proses tindakan yang diberikan. Peningkatan keterampilan vokasional subjek dapat dilihat dari perbandingan hasil pra tindakan , tes setelah tindakan (post test) siklus 1, dan tes setelah tindakan (post test) siklus 2. Hasil pra tindakan seluruh warga belajar mendapatkan niai di bawah KKM, kemudian mengalami peningkatan pada Post test ke 1 dan menjadi di atas KKM setelah post test ke 2. Artinya terdaat peninigkatan keterampilan cetak sablon setalah dilakukan proses pelatihan dalam 2 kali siklus. Hasil tersebut menunjukan bahwa pelaksanaan pelatihan cetak sablon kaos mampu meningkatkan aktivitas kegiatan keterampilan vokasional. Kesimpulan penerapan pembelajaran simulasi dapat meningkatkan keterampilan vokasional peserta didik sehingga dapat meningkatkan taraf hidup yang lebih baik Kata kunci : Simulasi, Ketarampilan, Vokasional, Sablon

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Feb 2022 01:14
Last Modified: 14 Feb 2022 01:14
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4651

Actions (login required)

View Item View Item