ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS DITINJAU DARI HABITS OF MIND

WARDANI, LELA KUSUMA (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS DITINJAU DARI HABITS OF MIND. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (87kB)
[img] Text
5. Abstrak-dikonversi.pdf

Download (11kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (49kB)
[img] Text
7. Daftar isi, Daftar tabel, Daftar gambar, Daftar lampiran .pdf

Download (939kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (969kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (925kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Lela Kusuma Wardani (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Ditinjau dari Habits of Mind. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan berpikir reflektif matematis peserta didik dengan habits of mind kategori tampak, pengembangan, mahir, dan teladan pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian eksploratif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini yaitu soal kemampuan berpikir reflektif matematis dan angket habits of mind. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir reflektif matematis peserta didik dengan habits of mind kategori tampak, mampu menjawab indikator mengenali kesulitan suatu masalah, mengembangkan ide untuk menyelesaikan masalah, dan menguji solusi pemecahan masalah untuk digunakan dalam membuat simpulan. Kemampuan berpikir reflektif matematis peserta didik dengan habits of mind kategori pengembangan, mampu menjawab indikator mengenali kesulitan suatu masalah, mengembangkan ide untuk menyelesaikan masalah, dan menguji solusi pemecahan masalah untuk digunakan dalam membuat simpulan. Kemampuan berpikir reflektif matematis peserta didik dengan habits of mind kategori mahir, mampu menjawab indikator mengenali kesulitan suatu masalah, membatasi dan merumuskan masalah, mengajukan kemungkinan solusi, dan menguji solusi pemecahan masalah untuk digunakan dalam membuat simpulan. Kemampuan berpikir reflektif matematis peserta didik dengan habits of mind kategori teladan, mampu menjawab kelima indikator menurut Dewey. Kata kunci : Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis, Habits of Mind

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 14 Feb 2022 01:14
Last Modified: 14 Feb 2022 01:14
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4646

Actions (login required)

View Item View Item