PENGARUH DISIPLIN BELAJAR SISWA DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Penelitian Survey Terhadap Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAN 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

DEWI, ASTRINA (2021) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR SISWA DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Penelitian Survey Terhadap Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAN 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (49kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (154kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (736kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI.pdf

Download (308kB)
[img] Text
5. BAB 1.pdf

Download (526kB)
[img] Text
6. BAB 2.pdf

Download (499kB)
[img] Text
7. BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)
[img] Text
10. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text
11. DAPUS.pdf

Download (362kB)

Abstract

ABSTRAK Astrina Dewi, (2020). Skripsi. Pengaruh Disiplin Belajar Siswa dan Perhatian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar dan Implikasinya terhadap Prestasi Belajar (Survey pada Peserta Didik Kelas XI IPS SMAN 6 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Di bawah bimbingan Ati Sadiah, M.Pd dan Gugum Gumilar, M.Pd . Pencapaian prestasi belajar harus didukung oleh faktor internal dan eksternal, dalam penelitian ini faktor yang diteliti untuk menunjang prestasi belajar adalah disiplin belajar siswa, perhatian orang tua dan motivasi belajar. Metode dalam penelitian ini adalah survey eksplanatori. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI IPS SMAN 6 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020 berjumlah 172 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh sehingga seluruh populasi dalam penelitian ini dijadikan sebagai sampel penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan teknik analisis data menggunakan Path Analysis. Hasil dari Path Analysis pengaruh langsung menunjukan X1 berpengaruh terhadap Z dengan nilai signifikan 0,002, X2 berpengaruh terhadap Z dengan nilai signifikan 0,000, X1 berpengaruh terhadap Y dengan nilai signifikan 0,000, X2 berpengaruh terhadap Y dengan nilai signifikan 0,000, Z berpengaruh terhadap Y dengan nilai signifikan 0,009. Dari pengaruh tidak langsung menunjukan X1 berpengaruh terhadap Y melalui Z dengan nilai t hitung 2,004 , X2 berpengaruh terhadap Y melalui Z dengan nilai t hitung 2,277. Kemudian pengaruh silmultan X1, X2 Terhadap Y melalui Z dengan nilai f hitung 120,435. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh disiplin belajar yaitu pada indikator disiplin perbuatan, perhatian orang tua pada indikator pengawasan terhadap belajar, dan motivasi belajar pada indikator hasrat dan dukungan untuk berhasil. Maka disarankan untuk lebih meningkatkan dan mempertahankan pencapaian yang didapatkan terhadap tingkat prestasi belajar yang tinggi. Kata Kunci : Disiplin, Perhatian, Motivasi, Prestasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 14 Feb 2022 01:13
Last Modified: 14 Feb 2022 01:13
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4634

Actions (login required)

View Item View Item