PERENCANAAN GEOMETRIK DAN TEBAL PERKERASAN JALAN MOCHAMMAD HATTA KOTA TASIKMALAYA

TAMRUDIN, BANGBANG PALWAGUNA (2017) PERENCANAAN GEOMETRIK DAN TEBAL PERKERASAN JALAN MOCHAMMAD HATTA KOTA TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (83kB)
[img] Text
ABSTRAK (1).pdf

Download (267kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN OK.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB 1 PRINT.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB 2 PRINT.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 3 PRINT.pdf

Download (781kB)
[img] Text
BAB 4 PRINT vvV anayar banget 1 2 sudut dikurangi 90 -pa haji.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5 PRINT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB)

Abstract

PERENCANAAN GEOMETRIK DAN TEBAL PERKERASAN JALAN MOCHAMMAD HATTA Bangbang Palwaguna T 1 , H.Herianto, S.T., M.T.2 , Nina. Herlina, Dra., M.T. 2 Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Siliwangi Jalan Siliwangi No. 24 Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia Email:tamrudin@gmail.com ABSTRAK Dalam perkembangan suatu daerah/kota sangat penting peranan transportasi untuk mendukung terus berkembangnya daerah/kota tersebut termasuk kebutuhan jalan raya yang menghubungkan antara tempat disuatu daerah/kota. Selain sebagai sarana penghubung, jalan raya juga bermanfaat untuk memajukan perekonomian suatu daerah yang dimana kegiatan ekonomi pun tidak luput dari transportasi baik perdagangan, bisnis dan lain-lain. Untuk itu diperlukan pembangunan jaringan jalan yang memadai agar mampu memberikan pelayanan yang optimal sesuai dengan kapasitas yang diperlukan. Perencanaan Geometrik jalan Mochammad Hatta menggunakan 3 jenis lengkung peralihan yaitu Lengkung busur lingkaran (full circle), Lengkung busur lingkaran dengan lengkung peralihan (spiral-circle-spiral), dan Lengkung peralihan saja (spiral-spiral. Perencanaan drainase menggunakan metode gumbel untuk analisis data curah hujan dan metobe monobe untruk intensitas curah hujan dan perencanaan perkerasan menggunakan metode Analisis Komponen tahun 1987. Hasil dari perencanaan berupa 4 tikungan sepanjang jalan 3500 meter, dengan lebar jalan 2 x 6,50 meter dengan lebar bahu jalan 2,50 meter. Untuk drainase jalan didapat dimensi saluran b = 0,3 meter dan h = 0,35 meter dengan bentuk trapesium. Perkerasan jalan untuk umur rencana 5 tahun didapat lapisan permukaan 13 centimeter, lapisan pondasi atas 20 centimeter, lapisan pondasi bawah 10 centimeter. Sedangkan untuk umur rencana 10 tahun didapat lapisan permukaan 7,5 centimeter, lapisan pondasi atas 20 centimeter, lapisan pondasi atas 18 centimeter. Untuk galian didapat 1265171,07 m3 dan untuk timbunan didapat 217747,13 m3 . Kata kunci : Jaringan Jalan, Lengkung Peralihan, Perkerasan Jalan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 14 Feb 2022 01:13
Last Modified: 14 Feb 2022 01:13
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4623

Actions (login required)

View Item View Item