PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS FILM PENDIDIKAN TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR (Penelitian Tindakan Kelas pada Mata Pelajaran Geografi Warga Belajar Program Kesetaraan Paket C Di PKBM AL-FATTAH)

Rahayu, Pitria Sri (2020) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS FILM PENDIDIKAN TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR (Penelitian Tindakan Kelas pada Mata Pelajaran Geografi Warga Belajar Program Kesetaraan Paket C Di PKBM AL-FATTAH). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER HLMN PNGESHAN DLL SKRIPSI .pdf

Download (835kB)
[img] Text
BAB 1 .pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (399kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (816kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf

Download (114kB)

Abstract

ABSTRAK PITRIA SRI RAHAYU. 2020. “PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS FILM PENDIDIKAN TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR” (Penelitian Tindakan Kelas pada Mata Pelajaran Geografi Warga Belajar Program Kesetaraan Paket C Di PKBM AL-FATTAH). Jurusan Pendidikan Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Dibimbing oleh Adang Danial dan Lulu Yuliani. Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih ada tutor yang belum memanfaatkan maupun membuat media pembelajaran audio visual sesuai dengan kebutuhan warga belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu media pembelajaran audio visual yang dapat digunakan ialah media pembelajaran audio visual berbasis film pendidikan. Berdasarkan hal tersebut mengakibatkan rendahnya minat belajar dan hasil belajar warga belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran audio visual berbasis film pendidikan terhadap minat belajar dan hasil belajar pada mata pelajaran Geografi warga belajar program kesetaraan paket C di PKBM Al-Fattah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar bisa dilihat dari tingkah laku warga belajar seperti perasaan senang, keterlibatan siswa, ketertarikan, perhatian warga belajar dan kehadiran warga belajar. Peneliti melihat minat belajar warga belajar adanya peningkatan melalui hasil observasi pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung pada siklus I dan siklus II. Sedangkan hasil belajar yang diperoleh warga belajar telah melebihi kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan sehingga tidak dilaksanakan siklus selanjutnya. Adapun simpulan hasil penelitian ini terdapat pengaruh media pembelajaran audio visual berbasis film pendidikan terhadap minat belajar dan hasil belajar warga belajar. Kata kunci: Media Pembelajaran audio visual, Minat Belajar, dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Feb 2022 01:12
Last Modified: 14 Feb 2022 01:12
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4608

Actions (login required)

View Item View Item