SA’ADI, RIDWAN (2020) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING BERBASIS CANVAS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 COVER.pdf Download (63kB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (152kB) |
|
Text
03 KATA PENGANTAR.pdf Download (72kB) |
|
Text
04 DAFTAR ISI.pdf Download (108kB) |
|
Text
05 BAB I.pdf Download (75kB) |
|
Text
06 BAB II.pdf Download (779kB) |
|
Text
07 BAB III.pdf Download (699kB) |
|
Text
08 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (697kB) |
|
Text
09 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
10 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (112kB) |
Abstract
ABSTRAK RIDWAN SA’ADI. 2020. EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING BERBASIS CANVAS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring berbasis canvas terhadap hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem di Kelas X MIPA SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2019.Metode penelitian yang digunakan adalah pre experimental dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 7 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 247 orang. Sampel yang yang diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan hasil kelas X MIPA 6 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data berupa tes hasil belajar berbentuk pilihan majemuk sebanyak 30 butir soal dan kuisioner berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-dependent. Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan uji t-dependent diperoleh thitung = 2,23 dan ttabel 1,98 sehingga H₀ ditolak. Sehingga thitung terletak di daerah penolakan H0 dan terdapat perbedaan nilai pretest dan posttest. . Selanjutnya terjadi ketuntasan KKM dan terjadi ketuntasan secara klasikal sebanyak 94,29%. Hasil angket yang didapatkan, responden menilai pembelajaran daring berbasis canvas pada materi ekosistem dinilai efektif untuk dilaksanakan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat keefektifan pembelajaran daring berbasis canvas terhadap hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem di kelas X MIPA SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Daring, Canvas, Ekosistem.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 10 Feb 2022 02:10 |
Last Modified: | 10 Feb 2022 02:10 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4576 |
Actions (login required)
View Item |