KERAGAAN SALURAN PEMASARAN BUAH DURIAN LOKAL JATIWARAS

Sulastri, Detia Farohah (2021) KERAGAAN SALURAN PEMASARAN BUAH DURIAN LOKAL JATIWARAS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI DETIA FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK KERAGAAN SALURAN PEMASARAN BUAH DURIAN LOKAL JATIWARAS Oleh: Detia Farohah Sulastri 165009001 Dosen Pembimbing: Hj. Betty Rofatin H. Dedi Sufyadi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, fungsi pemasaran, margin pemasaran dan besarnya Farmer’s Share buah durian lokal jatiwaras di Desa Sukakerta Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Penentuan responden dilakukan secara sengaja (purposive) serta untuk mengetahui sampel lembaga pemasaran menggunakan metode Snowball Sampling. Sampel petani yang diambil sebanyak 3 orang, sampel pedagang pengumpul sebanyak 2 orang dan sampel pedagang pengecer sebanyak 3 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran buah durian lokal jatiwaras terdapat tiga saluran pemasaran, yaitu saluran I yaitu nol tingkat adalah petani – konsumen, saluran II satu tingkat adalah petani – pedagang pengecer – konsumen, dan saluran III dua tingkat adalah petani – pedagang pengumpul – pedagang pengecer – konsumen. Margin pemasaran pada saluran II sebesar Rp. 31.666,67/buah dengan farmer’s share sebesar 38,71 persen. Sedangkan untuk saluran III margin pemasaran sebesar Rp. 46.666,67/buah dengan farmer’s share sebesar 9,68 persen. Kata kunci: Buah Durian, Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 10 Feb 2022 02:10
Last Modified: 10 Feb 2022 02:10
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4569

Actions (login required)

View Item View Item