PENGARUH ICE BREAKING TERHADAP MINAT BELAJAR WARGA BELAJAR PAKET C (Studi pada Paket C PKBM Al-Fattah Kabupaten Tasikmalaya)

Amalia, Nur Ami (2020) PENGARUH ICE BREAKING TERHADAP MINAT BELAJAR WARGA BELAJAR PAKET C (Studi pada Paket C PKBM Al-Fattah Kabupaten Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
FINISH SKRIPSI PRINT DISATUKAN FIX BANGET WORD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Nur Ami Amalia 162103047. PENGARUH ICE BREAKING TERHADAP MINAT BELAJAR WARGA BELAJAR PAKET C (STUDI KASUS PADA PKBM AL-FATTAH KABUPATEN TASIKMALAYA) Jurusan Pendidikan Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Dibimbing Oleh Yus Darusman dan Lesi Oktiwanti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ice breaking terhadap minat belajar warga belajar. Penelitian ini dilaksanakan di PKBM Al-Fattah pada bulan Desember sampai Februari. Metode yang digunakan adalah metode Quassy Eksperimen yaitu memiliki 2 kelompok yang diteliti yaitu dinamakan kelompok kontrol dan Eksperimen. Pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh. Dimana semua populasi dadalah sampel. Instrumen penelitian Kuesioner tes yang hasilnya diuji melalui statistik. Selain itu peneliti juga menggunakan observasi dan dokumentasi sebagai pendukung data penelitian. Sebelum melakukan uji prasyarat analisis dilakukan uji coba instrumen dengan uji validitas dan uji reliabilitas terlebih dahulu. Hasilnya terdapat 31 butir soal kuesioner valid. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji regresi sederhana. Populasinya terdiri dari 25 orang kelas kontrol dan 25 orang kelas eksperimen Teknik analisis data berupa teknik deskriptif. yaitu suatu teknik mengungkapkan dan memaparkan pendapat dari responden berdasarkan jawaban dari instrumen penelitian yang telah diajukan oleh peneliti. Dari penelitian ini menunjukan bahwa perbandingan posttest kelas eksperimen lebih unggul dari kelas kontrol dengan nilai kuesioner kelas eksperimen sebesar 62 sedangkan kelas kontrol sebesar 48. Setelah dilakukan analisis regresi terhadap 7 indikator minat telah didapatkan t-hitung setiap variabel sebesar keinginan (Y1)=1,202, perasaan senang (Y2)= 2,506, perhatian (Y3)= 1,162, perasaan tertarik (Y4)= 2,638, giat belajar (Y5)=1,791, mengerjakan tugas (Y6)=0,701, mentaati aturan (Y7)=1,009 dan t table sebesar 2,398. hasilnya adalah terdapat pengaruh ice breaking terhadap minat belajar warga belajar sebesar 20,5% yang masuk dalam kategori rendah. Perlu adanya pengkajian lebih dalam mengenai faktor perbedaan usia dan latar belakang dalam pengaruh penerapan ice breaking. Kata Kunci: Ice Breaking, Minat Belajar, Kesetaraan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 10 Feb 2022 02:10
Last Modified: 10 Feb 2022 02:10
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4565

Actions (login required)

View Item View Item