PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SEKOLAH PINTAR INDONESIA (SPI) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)

HERDYANA, NADYA (2021) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SEKOLAH PINTAR INDONESIA (SPI) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (51kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (283kB)
[img] Text
3 PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (127kB)
[img] Text
5 KATA PENGANTAR.pdf

Download (238kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI.pdf

Download (219kB)
[img] Text
7 BAB I.pdf

Download (146kB)
[img] Text
8 BAB II.pdf

Download (929kB)
[img] Text
9 BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] Text
11 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB)

Abstract

ABSTRAK Nadya Herdyana. 2021. PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SEKOLAH PINTAR INDONESIA (SPI) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Sekolah Pintar Indonesia (SPI) terhadap kemampuan literasi digital hasil belajar biologi pada materi keanekaragaman hayati di SMA Negeri 6 Tasikmalaya. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMAN 6 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling, diperoleh 2 kelas yaitu kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran menggunakan Sekolah Pintar Indonesia (SPI) dan Kelas X MIPA 6 sebagai kelas kontrol dengan media pembelajaran aplikasi Whatsapp. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner literasi digital dan tes soal multiple choice. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANOVA, berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukan bahwa nilai signifikansi literasi digitial dan hasil belajar > 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh penggunaan media aplikasi Sekolah Pintar Indonesia (SPI) terhadap kemampuan literasi digital dan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Sekolah Pintar Indonesia (SPI), Hasil Belajar, Literasi Digital

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 08 Feb 2022 04:35
Last Modified: 08 Feb 2022 04:35
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4510

Actions (login required)

View Item View Item