HERDYANA, NADYA (2021) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SEKOLAH PINTAR INDONESIA (SPI) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (51kB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (283kB) |
|
Text
3 PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (1MB) |
|
Text
4 ABSTRAK.pdf Download (127kB) |
|
Text
5 KATA PENGANTAR.pdf Download (238kB) |
|
Text
6 DAFTAR ISI.pdf Download (219kB) |
|
Text
7 BAB I.pdf Download (146kB) |
|
Text
8 BAB II.pdf Download (929kB) |
|
Text
9 BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
10 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (468kB) |
|
Text
11 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
|
Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (239kB) |
Abstract
ABSTRAK Nadya Herdyana. 2021. PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SEKOLAH PINTAR INDONESIA (SPI) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Sekolah Pintar Indonesia (SPI) terhadap kemampuan literasi digital hasil belajar biologi pada materi keanekaragaman hayati di SMA Negeri 6 Tasikmalaya. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMAN 6 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling, diperoleh 2 kelas yaitu kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran menggunakan Sekolah Pintar Indonesia (SPI) dan Kelas X MIPA 6 sebagai kelas kontrol dengan media pembelajaran aplikasi Whatsapp. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner literasi digital dan tes soal multiple choice. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANOVA, berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukan bahwa nilai signifikansi literasi digitial dan hasil belajar > 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh penggunaan media aplikasi Sekolah Pintar Indonesia (SPI) terhadap kemampuan literasi digital dan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Sekolah Pintar Indonesia (SPI), Hasil Belajar, Literasi Digital
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 08 Feb 2022 04:35 |
Last Modified: | 08 Feb 2022 04:35 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4510 |
Actions (login required)
View Item |