PENGGUNAAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DI KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 SINGAPARNA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2020/ 2021

HARYANTO, DENI (2021) PENGGUNAAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DI KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 SINGAPARNA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2020/ 2021. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (793kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (899kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (751kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR-DAFTAR ISI-DAFTAR TABEL.pdf

Download (931kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (929kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (875kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (931kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (758kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (834kB)

Abstract

ABSTRAK DENI HARYANTO. (2021). “PENGGUNAAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DI KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 SINGAPARNA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2020/ 2021”. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Kota Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan Youtube sebagai media pembelajaran sejarah materi mempertahankan kemerdekaan di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Singaparna semester genap tahun ajaran 2020/ 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode naturalistik dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Instrumen yang digunakan untuk menyaring data adalah catatan lapangan, pedoman wawancara dan beberapa dokumen termasuk foto dan gambar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan cara triangulasi dengan dua cara yakni triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: penggunaan Youtube sebagai media pembelajaran sejarah materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Singaparna merupakan pilihan yang baik karena keterbatasan waktu yang tersedia tidak menjadi halangan untuk proses pembelajaran. Sisi negatif dari proses pembelajaran ini adalah dengan waktu yang tersedia model kooperatif yang direncanakan tidak terlaksana dengan baik. Kata Kunci: Youtube, Media Pembelajaran Sejarah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 08 Feb 2022 04:10
Last Modified: 08 Feb 2022 04:10
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4500

Actions (login required)

View Item View Item