UNDERGRADUATE STUDENTS’ PERCEPTION ON SELF-REFLECTION THROUGH ASSIGNMENT IN COURSES

Aziza, Sonya Nur (2020) UNDERGRADUATE STUDENTS’ PERCEPTION ON SELF-REFLECTION THROUGH ASSIGNMENT IN COURSES. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Sonya Nur Aziza (152122013).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang refleksi diri terutama dalam beberapa mata kuliah. Namun, hanya ada beberapa studi yang melakukan refleksi diri sebagai tugas di banyak mata kuliah sebagai pengembangan pembelajaran. Pada penelitian sebelumnya, refleksi diri telah diteliti ke dalam berbagai aspek. Salah satu penelitian sebelumnya berfokus pada persepsi siswa yang meneliti tentang peran refleksi dalam pembelajaran kepemimpinan (White, 2012). Di samping itu. siswa menjadi sadar akan kelemahan mereka. Hal ini membantu mereka untuk menyelesaikan masalah mereka sendiri. Refleksi dapat memfasilitasi siswa untuk berkembang dalam meningkatkan pembelajaran. Lima siswa dipilih secara acak dari kelas Grammar in Written Discourse dan kelas Grammar in Spoken Discourse. Data dikumpulkan dengan cara menyiapkan pedoman wawancara terlebih dahulu sebagai pertanyaan, lalu mewawancarai peserta menggunakan perekam untuk merekam percakapan. Kemudian, penelitian ini dianalisis menggunakan Analisis Tematik oleh Braun dan Clark (2006) untuk menandai hal-hal yang penting di dalam transkrip. Hasil dari penelitian ini adalah menulis refleksi diri dapat memfasilitasi siswa untuk mengabadikan pengalamannya dan membantu mereka untuk memperbaiki kesalahan masa lalu. Hal ini memberikan banyak manfaat bagi siswa. Kata kunci: Persepsi Siswa, Refleksi Diri

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 08 Feb 2022 03:45
Last Modified: 08 Feb 2022 03:45
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4491

Actions (login required)

View Item View Item