HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di Kelas X MIPA SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

ANNISA, DHEA (2021) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di Kelas X MIPA SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI_ Dhea Annisa_172154044-1COVER.pdf

Download (46kB)
[img] Text
SKRIPSI_ Dhea Annisa_172154044-2LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (309kB)
[img] Text
SKRIPSI_ Dhea Annisa_172154044-3.pdf

Download (309kB)
[img] Text
SKRIPSI_ Dhea Annisa_172154044-4-5ABSTRAK.pdf

Download (511kB)
[img] Text
SKRIPSI_ Dhea Annisa_172154044-6.pdf

Download (122kB)
[img] Text
SKRIPSI_ Dhea Annisa_172154044-9-14.pdf

Download (23kB)
[img] Text
SKRIPSI_ Dhea Annisa_172154044-15-21BAB1.pdf

Download (148kB)
[img] Text
SKRIPSI_ Dhea Annisa_172154044-22-32BAB2.pdf

Download (161kB)
[img] Text
SKRIPSI_ Dhea Annisa_172154044-33-50BAB3.pdf

Download (601kB)
[img] Text
SKRIPSI_ Dhea Annisa_172154044-51-80BAB4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[img] Text
SKRIPSI_ Dhea Annisa_172154044-81-82BAB5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
SKRIPSI_ Dhea Annisa_172154044-83-87DAPUS.pdf

Download (139kB)

Abstract

ABSTRAK DHEA ANNISA. 2021. HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di Kelas X MIPA SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi kelas X MIPA SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021; (2) hubungan fasilitas belajar dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi kelas X MIPA SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021; dan (3) hubungan kemandirian belajar dan fasilitas belajar dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi kelas X MIPA SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasi. Populasi dalam penelitian ini kelas X MIPA. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, dengan sampel yang digunakan sebanyak 42 peserta didik dari kelas X MIPA 5 dan X MIPA 6 SMA Negeri 7 Tasikmalaya. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kemandirian belajar, angket fasilitas belajar, dan hasil belajar dari skor PAS. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis yaitu uji korelasi bivariat dan uji korelasi multivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar peserta didik, dengan nilai koefisien korelasi 0,450 termasuk kategori korelasi sedang; (2) ada hubungan fasilitas belajar dengan hasil belajar peserta didik, dengan nilai koefisien korelasi 0,460 termasuk kategori korelasi sedang; dan (3) ada hubungan kemandirian belajar dan fasilitas belajar dengan hasil belajar peserta didik, dengan nilai koefisien korelasi 0,540 termasuk kategori korelasi sedang. Kata Kunci: Korelasi, Kemandirian Belajar, Fasilitas Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 08 Feb 2022 03:46
Last Modified: 08 Feb 2022 03:46
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4489

Actions (login required)

View Item View Item