PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUGMENTED REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

SOPIAH, PIPIH SITI (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUGMENTED REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (62kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (253kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN SK.pdf

Download (292kB)
[img] Text
06. 1DAFTAR ISI.pdf

Download (41kB)
[img] Text
07. BAB 1 PIPIH.pdf

Download (178kB)
[img] Text
08. BAB II PIPIH.pdf

Download (629kB)
[img] Text
09. BAB III PIPIH.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB IV PIPIH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (957kB)
[img] Text
11. BAB V PIPIH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (28kB)

Abstract

ABSTRAK PIPIH SITI SOPIAH, 2019. Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar peserta Didik Pada Materi Sistem Gerak Pada Manusia (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020) Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media augmented reality terhadap hasil belajar peserta didik pada materi system gerak pada manusia. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2019 di SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya. Metode peneliatian yang digunakan adalah true eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya sebanyak 7 kelas yang terdiri dari 246 peserta didik dan sampel yang digunakan 2 kelas diambil dengan menggunakan teknik cultur random sampling yakni kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran augmented reality dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelas konrol tidak menggunakan media pembelajaran augmented reality. Teknik pengumpulan data berupa hasil belajar berjumlah 30 soal yang dilakukan sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan taraf signifikan (α) = 0,05. hasil penelitian menunjukan thitung berada dibawah penolakan Ho. Kesimpulan hipotesis yang didapat adalah tolah Ho. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media augmented reality terhadap hasil belajar peserta didik pada materi system gerak pada manusia. Kata kunci: Augemeted Reality, Hasil Belajar, Sistem Gerak pada Manusia

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 07 Feb 2022 07:01
Last Modified: 07 Feb 2022 07:01
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4455

Actions (login required)

View Item View Item