MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENGINTERPRETASI STRUKTUR DAN KAIDAH BAHASA TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa kelas X SMA Negeri 1 Sariwangi Tahun Ajaran 2017/2018)

Permana, Gilang Dewa (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENGINTERPRETASI STRUKTUR DAN KAIDAH BAHASA TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa kelas X SMA Negeri 1 Sariwangi Tahun Ajaran 2017/2018). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
kumplit.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Gilang Dewa Permana. 2019. Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi dan Menginterpretasi Struktur dan Kaidah Bahasa Teks Laporan Hasil Observasi Menggunakan Model Pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sariwangi Tahun Ajaran 2017/2018. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Mengidentifikasi dan menginterpretasi struktur dan kaidah bahasa teks laporan hasil observasi merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa kelas X SMA/SMK/sederajat berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Kenyataannya masih banyak siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya Model Pembelajaran STAD (student team achievement division) meningkatkan kemampuan mengidentifikasi dan menginterpretasi struktur dan kaidah bahasa teks laporan hasil observasi pada kelas X. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan wawancara. Berdasarkan hasil pengolahan data terdapat perubahan dan peningkatan proses dan hasil belajar dari siklus kesatu ke siklus kedua. Hasil belajar siklus kesatu dalam aspek pengetahuan yang belum mencapai KKM ada 26 orang (86,6%), aspek keterampilan 23 orang (76,6%). Pada siklus kedua semua siswa (100%) sudah mencapai KKM. Peningkatan hasil tersebut penulis olah menggunakan uji Wilcoxon. Hasil uji menunjukan thitung = 3,551 dan tdaftar =2,021. Data di atas menunjukkan hipotesis diterima atau terbukti. Artinya modelpembelajaran stad (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi dan menginterpretasi struktur dan kaidah bahasa teks laporan hasil observasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 07 Feb 2022 01:08
Last Modified: 07 Feb 2022 01:08
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4419

Actions (login required)

View Item View Item