EXPLORING THE BENEFITS OF PEER FEEDBACK AS A REFLECTION PLATFORM FOR A STUDENT-TEACHER IN EFL TEACHING PRACTICUM

RANITIA, JIHAN AGUSTIN (2021) EXPLORING THE BENEFITS OF PEER FEEDBACK AS A REFLECTION PLATFORM FOR A STUDENT-TEACHER IN EFL TEACHING PRACTICUM. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1-COVER.pdf

Download (116kB)
[img] Text
2-APPROVAL SHEET.pdf

Download (446kB)
[img] Text
3-APPROVAL SHEET ALL EXAMINERS.pdf

Download (231kB)
[img] Text
4-ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
5-ABSTRACT.pdf

Download (82kB)
[img] Text
6-PERNYATAAN.pdf

Download (87kB)
[img] Text
7-ACKNOWLEDGMENT.pdf

Download (117kB)
[img] Text
8-PREFACE.pdf

Download (114kB)
[img] Text
9-LIST OF TABLES.pdf

Download (28kB)
[img] Text
10-LIST OF ENCLOSURES.pdf

Download (30kB)
[img] Text
11-TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (37kB)
[img] Text
12-CHAPTER 1.pdf

Download (100kB)
[img] Text
13-CHAPTER 2.pdf

Download (106kB)
[img] Text
14-CHAPTER 3.pdf

Download (119kB)
[img] Text
15-CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] Text
16-CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] Text
17-REFERENCES.pdf

Download (164kB)

Abstract

ABSTRAK JIHAN AGUSTIN RANITIA. 2021. Exploring the Benefits of Peer Feedback as a Reflection Platform for a Student-teacher in EFL Teaching Practicum. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Umpan balik rekan saat ini sering digunakan sebagai alat untuk bertukar informasi untuk mendukung proses pembelajaran. Namun dalam ranah calon guru dalam konteks Pengenalan Lapangan Penelitian (PLP) masih terbatas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki manfaat dari proses refleksi melalui umpan balik rekan yang dialami oleh calon guru selama program PLP. Penelitian ini merupakan studi kasus terhadap refleksi melalui umpan balik rekan selama program PLP. Pengumpulan data dilakukan melalui refleksi peneliti yang ditulis berdasarkan rekaman audio dari umpan balik lisan rekan yang diberikan oleh rekan peneliti dan dianalisis secara kualitatif menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian ini menunjukkan tiga manfaat utama menggunakan umpan balik rekan sebagai refleksi, yaitu: melatih kepribadian calon guru, memperbaiki manajemen kelas, dan membangun pengembangan profesional guru. Oleh karena itu, refleksi melalui umpan balik rekan sangat berguna bagi peneliti sebagai proses pengajaran di masa depan dan dapat menggali perspektif yang berbeda dari diri peneliti sebagai calon guru, membantu peneliti mengembangkan diri sebagai guru, membantu peneliti menyadari kekuatan dan kelemahan peneliti sendiri, serta mempertimbangkan kegiatan belajar mengajar yang efektif. Pada akhirnya, kontribusi dari penelitian ini adalah untuk memfasilitasi pengembangan calon guru mengenai refleksi mereka melalui umpan balik rekan sebagai sarana untuk membangun pengembangan profesional mereka. Kata kunci: PLP, Calon Guru, Umpan balik rekan, Refleksi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 03 Feb 2022 07:30
Last Modified: 03 Feb 2022 07:30
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4395

Actions (login required)

View Item View Item