PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK DAN SELF�REGULATED LEARNING PESERTA DIDIK ANTARA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

NURHIDAYAH, AI LISDA (2018) PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK DAN SELF�REGULATED LEARNING PESERTA DIDIK ANTARA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
bismillah skripsi fix revisi setelah sidang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK AI LISDA NURIDAYAH. 2018. PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK DAN SELF-REGULATED LEARNING PESERTA DIDIK ANTARA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mana yang lebih baik kemampuan berpikir kreatif matematik peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Treffinger dengan kemampuan berpikir kreatif matematik peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan untuk mengetahui Self-Regulated Learning setelah menggunakan model pembelajaran Treffinger dan model Problem Based Learning (PBL). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Pesantren Cintawana dan sampel yang diambil 2 kelas secara acak, terpilih kelas VII-B yang menggunakan model pembelajaran Treffinger dan kelas VII-D yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL), teknik pengumpulan data memberikan tes kemampuan berpikir kreatif matematik dan penyebaran angket Self-Regulated Learning. Berdasarkan hasil uji hipotesis, kemampuan berpikir kreatif matematik peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Treffinger lebih baik dari pada yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Self-Regulated Learning (kemandirian belajar) peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger dan model Problem based learning (PBL) berada pada kategori sedang. Kata kunci : Kemampuan Berpikir Kreatif matematik, Self-Regulated Learning, Model pembelajaran Treffinger, Model Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 03 Feb 2022 01:11
Last Modified: 03 Feb 2022 01:11
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4370

Actions (login required)

View Item View Item