MARKETING POLITIK PARTAI KEADILAN SEJAHTERA DALAM PEMILIHAN UMUM LEGISLATIF 2019 DI KOTA TASIKMALAYA

HERNANDA, ERIKA PRIMA (2020) MARKETING POLITIK PARTAI KEADILAN SEJAHTERA DALAM PEMILIHAN UMUM LEGISLATIF 2019 DI KOTA TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER SKRIPSI ERIKA.pdf

Download (179kB)
[img] Text
DAFTAR ISI ERIKA.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (620kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (585kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] Text
DAFTAR PUSATAKA.pdf

Download (227kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana strategi marketing politik Partai Keadilan Sejahtera dalam pemilihan umum legislatif 2019 di Kota Tasikmalaya. Latar belakang dari penelitian ini adalah karena Partai Keadilan Sejahtera mengalami kenaikan perolehan suara dalam pemilihan umum legislatif 2019 di Kota Tasikmalaya sehingga penulis tertarik untuk meneliti bagaimana strategi marketing politik Partai Keadilan Sejahtera. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teori strtagei pendekatan marketing politik yaitu push marketing, pass marketing dan pull marketing. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik penentuan sample yang digunakan adalah teknik purposive sampling yaitu dengan menentukan informan kunci yang memahami konteks permasalahan yang sedang diteliti. Teknis analisa data menggunakan model analisis Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data yang digunakan oleh penulis adalah teknik triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Partai Keadilan Sejahtera melakukan 3 strategi pendekatan marketing politik, yaitu push marketing, pass marketing, dan pull marketing. Namun, yang paling dominan digunakan adalah strategi pendekatan push marketing yaitub dengan cara melaksanakan program Flash Mob, Door to Door Campaign, Bakti sosial, P40TANG, dan silaturahmi ke rumah-rumah warga yang dilakukan para calon anggota legislatif di dapil nya masing-masing. Pull marketing dilakukan dengan cara memanfaatkan media seperti banner, baliho, dan media sosial facebook dan instagram untuk menyampaikan pesan politik. Terakhir, pass marketing dilakukan dengan cara melibatkan langsung tokoh RW di kampanye pribadi salah satu calon anggota legislatif. PKS membidik seluruh segmen yang ada di masyarakat, dan PKS menanamkan image “Peduli, Bersih, dan Profesional” di benak masyarakat. PKS juga menggunakan bauran 4P pada masa kampanye. Pertama product, PKS menawarkan 4 program kerja yaitu penghapusan pajak kendaraan motor (150cc ke bawah), SIM seumur hidup, pembuatan regulasi perlindungan ulama, penghapusan pajak penghasilan bagi orang yang penghasilannya 8 juta ke bawah. Kedua price, cost kampanye PKS tidak terlalu tinggi. Ketiga promotion, PKS melakukan promosi melalui spanduk, baliho, dan media sosial facebook dan instagram. Terakhir place, dalam melakukan kampanye PKS mengutamakan tempat yang sudah menjadi basis suara di pileg 2014. Kata kunci: Marketing Politik, Partai Politik, Pemilihan Umum Legislatif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 02 Feb 2022 07:38
Last Modified: 02 Feb 2022 07:38
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4361

Actions (login required)

View Item View Item